BOGOR-TODAY.COMKonflik Israel-Hamas di Palestina semakin memanas, menyulut reaksi di seluruh dunia. Konflik ini telah berlangsung selama lebih dari satu minggu, menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat dunia.

Namun, situasi ini juga menciptakan penyebaran informasi palsu atau hoaks. Uni Eropa telah mengingatkan pemilik platform media sosial untuk memantau dengan ketat penyebaran informasi terkait konflik ini dan memastikan bahwa informasi yang disebarkan di media sosial adalah akurat dan dapat dipercaya.

Berikut adalah media sosial yang diminta untuk memantau hoaks terkait Konflik Israel-Hamas:

  1. Platform X (sebelumnya Twitter)
BACA JUGA :  Silaturahmi Dengan Pimpinan DPRD Dengan PJ Wali Kota, Bahas Isu Strategis dan Tingkatkan Sinergitas Demi Kota Bogor

Komisioner Uni Eropa, Thierry Breton, telah mengirim surat kepada pemilik platform X, Elon Musk, untuk meminta penyelidikan terkait penyebaran disinformasi dan konten kekerasan yang terkait dengan Konflik Israel-Hamas pada Rabu, 11 Oktober 2023.

Surat tersebut meminta pemilik platform X untuk memastikan bahwa platform tersebut mematuhi peraturan yang berlaku mengenai konten ilegal dan berbahaya. Langkah ini diambil setelah ditemukan indikasi bahwa platform X menampilkan konten kekerasan dan informasi yang salah mengenai perang Israel-Hamas.

BACA JUGA :  Kebakaran Hanguskan Pabrik Antena di Panyileukan Bandung

Dalam tanggapannya, Kepala Eksekutif Platform X, Linda Yaccarino, mengatakan bahwa mereka telah menghapus ratusan akun yang terkait dengan Hamas dan konten berbahaya serta sensitif di platform X.

  1. Meta (Pemilik Facebook dan Instagram)

Breton juga memperingatkan Meta, pemilik Facebook dan Instagram, untuk memantau informasi dengan sangat ketat sesuai dengan Digital Services Act (DSA) yang berlaku di Eropa.

Meta diberikan waktu 24 jam untuk memberitahu langkah-langkah konkret yang telah diambil untuk melawan penyebaran disinformasi.

============================================================
============================================================
============================================================