Olimpiade 2024 Paris, Indonesia Targetkan Medali Emas Lewat 3 Cabor Andalan

Windy Cantika ketika berhasil melakukan clean and jerk pada 49 kilogram putri Olimpiade Tokyo 2020. (REUTERS/EDGARD GARRIDO)

BOGOR-TODAY.COM – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menargetkan tim Indonesia bisa pulang membawa tiga medali emas dari Olimpiade 2024 Paris mendatang. Hal ini disampaikan oleh Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Surono.

Dia mengatakan ada enam cabang olahraga yang diharapkan bisa menyumbang medali dari Olimpiade 2024 Paris. Dari enam cabor itu, ada tiga yang diharapkan menyumbang emas buat Indonesia, yakni bulu tangkis, panjat tebing, dan angkat besi.

Dari tiga cabor itu, panjat tebing yang masih konsisten dengan performanya. Sebab, di Asian Games 2022, Hangzhou, mereka bisa memenuhi ekspektasi publik dengan membawa medali emas. Sementara, angkat besi juga cukup menjanjikan menyusul pencapaiannya di Asian Games 2022.

BACA JUGA :  PENYEBAB PEROKOK DI INDONESIA TERUS BERTAMBAH

Tapi, bulu tangkis baru saja mencatatkan rekor buruk. Mereka sama sekali gak sumbang medali di Asian Games 2022. Dengan performa para pebulu tangkis Indonesia sekarang, publik justru dibuat khawatir apakah banyak yang lolos ke Olimpiade 2024, atau tidak.

“Cabor yang target dari kami, mudah-mudahan tercapai yaitu bulu tangkis, walaupun sekarang agak kemunduran. Angkat besi dari Rahmat Erwin Abdullah, yang kemarin memecahkan rekor dunia. Dan panjat tebing di nomor speed putra maupun putri,” ujar Surono ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta pada Jumat (20/10/2023).

BACA JUGA :  PENYEBAB PEROKOK DI INDONESIA TERUS BERTAMBAH

Selain tiga cabor tersebut, ada tiga lainnya yang diharapkan Kemenpora bisa ikut menyumbang medali di Olimpiade 2024. Mereka adalah selancar, skateboard, dan panahan. Tapi, dari ketiganya, baru panahan yang memastikan diri punya wakil di Olimpiade 2024.

============================================================
============================================================
============================================================