musim hujan
Ilustrasi/freepik.com

BOGOR-TODAY.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memproyeksikan bahwa sekitar 10 persen wilayah Indonesia diprediski memasuki musim hujan menjelang akhir bulan Oktober 2023.

Berdasarkan data yang diperoleh dari situs resmi BMKG di Jakarta, curah hujan pada periode Dasarian II Oktober 2023 umumnya akan berada dalam kategori rendah hingga menengah, yaitu berkisar antara 0 hingga 150 mm per Dasarian.

BACA JUGA :  Melahirkan di Kamar Kos, Siswi SMK di Kupang Sembunyikan Bayi Meninggal dalam Koper

Daerah-daerah yang saat ini sedang mengalami musim hujan meliputi sebagian besar wilayah Aceh, Sumatera Utara, sebagian besar Riau, sebagian besar Sumatera Barat, Bengkulu, sebagian kecil Kalimantan Barat, sebagian kecil Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah bagian tengah, sebagian kecil Maluku, sebagian Papua Barat, dan sebagian kecil Papua bagian utara.

BACA JUGA :  Halmahera Barat Maluku Utara Diguncang Gempa Bumi M 3,3

Menurut prakirawan BMKG, Hasalika Nurjanah, beberapa kota besar di Indonesia berpotensi mengalami hujan pada hari ini dengan intensitas yang bervariasi, mulai dari ringan hingga lebat. Di Sumatera, hujan ringan diprediksi terjadi di Banda Aceh, Medan, dan Pekanbaru. Tanjungpinang mungkin akan mengalami hujan sedang, sementara Padang memiliki potensi hujan lebat.

============================================================
============================================================
============================================================