TAQWA PANGKAL SUKSES HAKIKI

OPINI_DADAN
Dadan Sidqul Anwar Penulis Opini Berjudul “Taqwa Pangkal Sukses Hakiki”. (FOTO : IST)

Oleh : Dadan Sidqul Anwar

Ketua Dewan Pembina Yayasan Masya Koordinator Sosial Politik ICMI ORSAT Tanah Sareal Penasihat di Stichting Generasi Baru Utrecht, Belanda

SEMUA orang termasuk kita cenderung  ingin agar kehidupannya sukses . Yang pedagang, ingin agar dagangannya selalu laku dan menghasilkan keuntungan.

Demikian juga, petani ingin agar hasil taninya menguntungkan. Bahkan, anak anak ingin agar sukses dalam studinya.

Namun, tentu saja kita  juga perlu mendefinisikan sukses tersebut agar mengandung kesuksesan hakiki.

Apakah dengan harta melimpah sudah dikatakan sukses hakiki? Atau dengan harta pas pasan dikatakan belum sukses hakiki? Yang jelas, merujuk pada sumbernya sumber, Allaah ta’ala diantara kriteria sukses hakiki (fallaah) itu  tidak hanya ukuran dunia tapi juga akhirat .

BACA JUGA :  Kecelakaan 2 Motor di Mojokerto Adu Kambing, Kedua Pengendara Tewas

Bahkan akhirat menjadi ukuran pencapaian sukses hakiki. Walal aakhiratu khairullakq minal uulaa. Dengan pemahaman ini, maka kondisi apapun yang sedang kita hadapi sejatinya memperoleh peluang sukses sejati tersebut.

Pertanyaannya kemudian, apakah pengungkit atau pangkal dari sukses hakiki yang dapat kita lakukan?

Apakah kerja keras sampai banting tulang , kepala jadi kaki, kaki jadi kepala,  adalah kuncinya? Tentu saja tidak ada salah nya dengan upaya tersebut.

Bagkan, sudah ada banyak bukti juga yang menunjukkan keberhasilannya. Tetapi, jika ingin sukses hakiki  maka kita perlu pendekatan yang lebih fundamental.

Atau, kata orang sekarang, cara yang lebih nendang. Cara tersebut sejatinya dapat kita temukan dalam pesan suci dari Allaah agar kita bertaqwa.

BACA JUGA :  Ditinggal Ibu Menyapu, Bocah di Makassar Terjebak Mesin Cuci

Allaah benar benar sangat menekankan  pesan suci taqwa tersebut tidak hanya terkait sisi kewajibannya tetapi juga relasinya dengan kesuksesan yang hakiki.

Setiap Jum’at, melalui para Khotib , Allaah terus pesankan agar kita bertaqwa. Bahkan di bulan ramadhan ini Allaah lebih memotivasi kita lagi untuk mencapai taqwa dengan berbagai apresiasi nilai ibadah yg berlipat ganda baik ibadah wajib maupun Sunnah.

Ibaratnya, melalui ibadah di bulan ramadhan, Allaah sediakan jalan tol atau fasttrack untuk kita dapat lebih cepat mencapai taqwa.

Mungkin kita berseloroh, itukan terkait kehidupan ukhrowi.  Lalu, bisa jadi kita juga bertanya-tanya, dimanakah hubungannya taqwa tersebut dengan  sukses duniawi?

============================================================
============================================================
============================================================