HKN ke-59, Dinkes Kota Bogor Siap Jalankan 6 Pilar Transformasi Kesehatan

Apel peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023 di Plaza Balai Kota Bogor.

BOGOR-TODAY.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah menjadi pembina upacara apel peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023 di Plaza Balai Kota Bogor, Minggu (12/11/2023).

Pada apel yang diikuti oleh jajaran dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, perwakilan Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) Kota Bogor, tenaga kesehatan, fasilitas kesehatan, insan kesehatan dan juga TNI Polri sebagai peserta upacara, Sekda Syarifah membacakan sambutan dari Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin.

“Indonesia tengah mengalami periode bonus demografi yang terjadi hanya satu kali dalam peradaban sebuah negara. Kita, bangsa Indonesia, harus bekerja keras memanfaatkan peluang ini sebagai momentum Indonesia lolos dari middle-income trap, menjadi negara berpendapatan tinggi serta mencapai visi Indonesia Emas 2045,” kata Sekda Syariah membacakan sambutan Menkes.

BACA JUGA :  2 Warga di Malang Dibacok Cerulit, Diduga Gegara Rebutan Lahan Parkir

Manusia Indonesia yang sehat dan cerdas adalah kunci mencapai masa keemasan itu. Karenanya, tema Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023, yaitu ‘transformasi kesehatan untuk Indonesia maju’ mutlak dilaksanakan.

Ada enam pilar transformasi kesehatan penopang sistem kesehatan Indonesia harus dibangun bersama dengan serius dan terus menerus, yakni tentang pilar layanan primer, pilar layanan transformasi rujukan, pilar layanan transformasi, sistem layanan ketahanan kesehatan, pilar layanan transformasi pembiayaan kesehatan, pilar layanan transformasi sumber daya manusia kesehatan, pilar layanan transformasi teknologi kesehatan.

“Pelayanan primer harus memberikan akses layanan kesehatan dasar kepada seluruh masyarakat dengan mengedepankan layanan promotif dan preventif berdasarkan siklus hidup manusia,” katanya.

Selain itu kata dia, untuk SDM harus dilengkapi dengan puskesmas, puskesmas pembantu (Pustu), laboratorium kesehatan masyarakat (Labkesmas) dan memenuhi hak-hak SSM secara adil dan berkelanjutan.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 3 Mei 2024

Pada kesempatan itu Sekda Syarifah mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berperan membangun kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar.

“Mari kita bangun bersama tubuh dan jiwa yang sehat dan kuat demi Indonesia Emas 2045. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa meridhoi ikhtiar kita dan memberkati kita semua dengan kesehatan dan kesuksesan. Selamat Hari Kesehatan Nasional, Sehat Negeriku, Maju Indonesiaku,” tutupnya membaca sambutan Menkes Budi.

Kepala (Dinkes) Kota Bogor, Sri Nowo Retno mengatakan bahwa rangkaian kegiatan HKN ke-59 tingkat Kota Bogor sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu hingga puncaknya adalah pelaksanaan apel dan pemberian apresiasi.

============================================================
============================================================
============================================================