Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

BOGOR-TODAY.COM – Pemerintahan Presiden Joko Widodo menciptakan sosial media khusus bagi aparatur sipil negara (ASN), baik PNS maupun PPPK. Media sosial ini diberi nama SmartASN.

Bukan sekadar saran berinteraksi di ruang digital, seperti TikTok dan Instagram, SmartASN juga dirancang pemerintah sebagai sarana pembelajaran dan pengembangan diri.

Kini 78 kementerian dan lembaga, serta Otorita Ibu Kota Negara (IKN) dijadikan pilot project SmartASN oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

BACA JUGA :  Lepas Khafilah Kabupaten Bogor Ikuti MTQ Tingkat Jabar, Pj. Bupati Bogor Ingin Para Khafilah Mampu Bumikan Al-Quran di Bumi Tegar Beriman 

“Saat ini piloting dilakukan di 78 kementerian dan lembaga plus satu Otorita IKN. Tahun 2024 akan dilakukan piloting di pemerintah daerah,” kata Asisten Deputi Percepatan Transformasi Digital Manajemen SDM Aparatur Kementerian PANRB Katmoko Ari Sambodo, dikutip dari siaran pers, Selasa (21/11/2023).

BACA JUGA :  Membahas Koalisi, Golkar Ajak Demokrat Bernostalgia di Pilkada 2024

Kementerian PANRB memastikan, tampilan SmartASN diciptakan persis seperti media sosial pada umumnya, sehingga mudah digunakan. Pengguna bisa menulis semacam status tanpa batasan karakter.

“Sistematikanya sama dengan media sosial yang sering kita pakai. Kita bisa saling follow, saling ngobrol, dan lain sebagainya,” ungkap Ari.

============================================================
============================================================
============================================================