jalur khusus tambang
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor Ajat Rochmat Jatnika. (Mutia/Bogor-Today.com)

BOGOR-TODAY.COM – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor Ajat Rochmat Jatnika menyatakan pembebasan lahan jalur khusus tambang Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat diperkirakan rampung akhir Desember 2023.

Padahal, sebelumnya peletakan batu pertama dijadwalkan akan dilakukan oleh Ridwan Kamil, pada 27 Desember 2022 lalu, saat itu ia masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat.

BACA JUGA :  Kecelakaan Mobil Damkar Terguling di Solo saat Hendak Padamkan Kebakaran

Menurut Ajat, saat ini progres pembangunan jalur tol itu sudah masuk tahap perizinan, disamping pembebasan lahan yang juga sedang berjalan.

Sedangkan, pembangunan jalur tambang yang akan terkoneksi dengan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) III itu diprediksi terbangun pada tahun 2026.

“Tol tambang berlanjut sesuai dengan rencana. Saat ini sudah masuk ke tahap penetapan lokasi, kemudian pembebasan dan perencanaanya di 2026 sudah mulai pembanguan,” kata Ajat kepada wartawan, Kamis (23/11/2023).

BACA JUGA :  Peringati HUT ke-25, PNM Peduli Bakti Sosial Masjid di Kota Bogor

Kata dia, jalur khusus tambang merupakan proyek yang digagas oleh pihak ketiga. Sehingga, ada beberapa perencanaan yang harus diselaraskan terlebih dahulu. Hal itulah yang menjadi alasan perizinan dan pembebasan lahan yang tak kunjung selesai.

============================================================
============================================================
============================================================