terendam banjir
Petugas memantau banjir di salah satu desa di Kecamatan Nanga Tayap, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Senin 4 Desember 2023. (istimewa)

BOGOR-TODAY.COM –  Enam desa di Kecamatan Nanga Tayap, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat terendam banjir sejak Sabtu (2/12/2023). Sebagian wilayah sudah mulai surut, tetapi warga diminta agar waspada banjir susulan.

Melansir beritasatu.com, Kapolsek Nanga Tayap, Ipda Shandy C Sulu bersama sejumlah personel melakukan patroli di wilayah banjir tersebut.

“Meski tinggi air telah menurun, ada beberapa rumah warga dan sebuah sekolah yang masih mengalami genangan,” kata Shandy di Ketapang, Senin (4/12/2023).

BACA JUGA :  Hindari 5 Makanan Penyebab Kamu Pikun, Ternyata Sering Dikonsumsi

Dia memaparkan, banjir tersebut terjadi akibat tingginya curah hujan dalam sepekan terakhir, sehingga menambah debit air di aliran Sungai Pawan dan Nanga Tayap. Air di sungai tersebut meluap dan berdampak pada lima wilayah desa yang berada di bantaran sungai.

BACA JUGA :  Halalbihalal IWAPI Kota Bogor, Hery Antasari: Ciptakan Pengusaha Tangguh

Dia memerinci, Desa Mentubang terendam banjir hingga satu meter dan 50 rumah masih terendam. Kemudian, Desa Pangkalan Teluk terendam dengan kedalaman air 20 sampai 150 cm. Selanjutnya Desa Simpang Tiga, Tanjung Medan, Sungai Kelik, dan Siantau Raya terendam hingga satu meter.

============================================================
============================================================
============================================================