UEFA Ubah Format Liga Champions 2024/2025, Ada Penambahan Jadi 36 Klub

Format Baru Liga Champions 2024/2025.

BOGOR-TODAY.COM – UEFA mengumumkan format baru untuk UEFA Champions League (UCL) 2024 beberapa waktu lalu. Perubahan ini merupakan hasil dari pertemuan Komite Eksekutif UEFA pada April 2021 lalu.

Liga Champions Eropa 2024/2025 akan menghadirkan beberapa perbedaan yang signifikan. Presiden UEFA, Alexander Ceferin menyatakan bahwa dia, bersama dengan perwakilan asosiasi klub Eropa, liga-liga Eropa dan federasi sepak bolan, telah sepakat untuk melakukan perubahan pada Liga Champions.

Jadi seperti apa format baru UCL untuk musim 2024? Setidaknya akan ada tiga perubahan besar pada Liga Champions 2024/2025. Perbedaan-perbedaan ini diharapkan bisa membuat kompetisi menjadi lebih menarik.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 3 Mei 2024

Untuk musim 2024, UCL akan memiliki format baru dengan lebih banyak klub yang berpartisipasi. Sebelumnya, 32 klub berpartisipasi dalam Liga Champions Eropa. Namun, kini 36 klub tambahan akan berpartisipasi di UCL 2024/2025.

Empat tim tambahan tersebut akan dibagi kedalam tiga sistem. Pertama, dua kuota akan diberikan kepada dua klub yang meraih kesuksesan luar biasa di Eropa pada musim sebelumnya.

Kedua, satu slot akan diberikan kepada klub peringkat ketiga dari liga yang finis di posisi kelima berdasarkan nilai koefisien UEFA. Satu slot yang tersisa diperebutkan oleh para juara liga yang lolos melalui jalur kualifikasi. Di mana biasanya empat tim akan bersaing untuk memperebutkan satu tiket, lima tim akan bersaing.

BACA JUGA :  Rumah dan Mesjid di Sukabumi Alami Rusak usai Diguncang Gempa Garut Magnitudo 6,5

Di bawah format baru UCL untuk musim 2024, babak penyisihan grup akan dihapuskan. Sebagai gantinya, 36 klub yang berpartisipasi akan bersaing dalam kompetisi liga berdasarkan poin. Jumlah pertandingan UCL, yang biasanya 125, akan meningkat menjadi 225. Aturan tiga poin untuk kemenangan, satu poin untuk hasil imbang, dan nol poin untuk kekalahan akan tetap berlaku.

============================================================
============================================================
============================================================