Tirta Pakuan Terbantu Adanya Sat Pam Obvit di Kota Bogor

Dirut Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira sambutan saat peresmian Sat Pam Obvit.

BOGOR-TODAY.COM – Setelah diresmikan oleh Polresta Bogor Kota, Satuan Pengamanan Objek Vital (Sat Pam Obvit) mulai melakukan penjagaan terhadap objek-objek yang menjadi kepentingan nasional, objek-objek yang sangat penting bagi hajat hidup orang banyak dan tempat wisata di Bogor. Diantaranya adalah pipa-pipa milik Perumda Tirta Pakuan, Pertamina, Perusahaan Gas Negara (PGN) dan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso menjelaskan, unit ini sebelumnya merupakan bagian dari satuan Samapta Bhayangkara (Sabhara). Satuan ini dipisahkan oleh Kapolri sebagai organisasi yang lebih khusus dan profesional untuk menjamin keamanan masyarakat dan melindungi hasil pembangunan nasional.

Sat Pam Obvit akan bertugas menjaga objek-objek vital nasional, objek yang menyangkut hidup orang banyak, hingga objek wisata di Kota Bogor. Misalnya pipa PDAM, Pertamina, PGN dan PLN,” ungkap Bismo dalam keterangan tertulisnya.

BACA JUGA :  Layanan Baru Disdukcapil Kota Bogor

Bismo membeberkan, peran Sat Pam Obvit di Kota Bogor amat dirasa penting, sebab Kota Bogor adalah wilayah yang strategis dan penyangga Jakarta. Kota Bogor dilihat sangat heterogen dan memiliki kerawanan karena terdapat Istana Negara di dalamnya.

“Ya, oleh karena itu kerawanan-kerawanan seperti unjuk rasa, pengrusakan, harus kami cegah dan amankan. Supaya objek vital, objek wisata, tempat yang berpengaruh dan mendukung hajat hidup orang tersabotase atau rusak sehingga menyebabkan instabilitas, situasi yang tidak aman, maupun hal-hal negatif lainnya,” beber Bismo.

BACA JUGA :  ASB Dukung MTQ Kota Bogor di Pentas Nasional, DPRD Siapkan Anggaran "Kadedeuh"

Bismo menjelaskan, Sat Pam Obvit Polresta Bogor Kota diperkuat oleh 48 personel, mereka juga turut dilengkapi dengan mobil patroli dari Polda Jawa Barat (Jabar), mobil listrik, metal detector, hingga sepeda patroli.

Sementara itu, Direktur Pam Obvit Polda Jabar Kombes Pol M Hidayat mengatakan ke depan, Sat Pam Obvit akan terus dikembangkan, karena jumlah objek vital nasional dan objek tertentu di Jabar ada sekira 629 objek. Namun yang baru tercover hanya 168 objek.

“Di Polda Jawa Barat baru ada 4 Sat Pam Obvit. Tahun lalu dibentuk di Polrestabes Bandung, dan tahun ini ada 3 yakni di Polresta Bogor Kota, Polresta Bandung, dan Polres Karawang,” jelasnya.

============================================================
============================================================
============================================================