REVOLUSI BELAJAR: MENEMUKAN MOTIVASI DAN POTENSI DALAM PENDIDIKAN MODERN

Sehingga guru bisa merealisasikan pembelajaran bervariatif dengan memanfaatkan teknologi. Metode dan media pembelajaran yang dipilih guru hendaknya menyesuaikan kebutuhan belajar siswa, agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif.

Media atau metode pembelajaran yang tepat akan memberikan semangat siswa dalam belajar, sehingga upaya ini mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.

2. Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan

Suasana kelas akan memengaruhi pada peningkatan motivasi belajar siswa, sehingga siswa lebih senang mengikuti belajar apabila guru menciptakan suasana kelas yang menyenagkan dan tidak terlalu monoton.

Suasana belajar yang menyenangkan ini akan memberikan kenyamanan belajar siswa di kelas, sehingga terbangunnya motivasi belajar siswa untuk menggali potensi yang dimiliki. Suasana belajar yang kurang bervariatif akan sulit siswa dalam memahaminya, karena akan menurunkan motivasi belajar siswa tersebut.

BACA JUGA :  Ayah di Purwerejo Tega Perkosa Anak Kandung, Kini Hamil 8 Bulan

3. Kompetensi Persaingan

Persaingan dalam pembelajaran menjadi sarana untuk mengupayakan motivasi belajar siswa. Dengan adanya kompetensi persaingan ini akan meningkatkan motivasinya untuk mampu bersaing.

Upaya ketiga ini dikemas dengan pembelajaran di kelas yang tidak hanya belajar memahami materi saja, tetapi bisa juga dikemas dengan kompetensi persaingan secara sederhana, agar siswa dapat termotivasi dari kompetensi persaingan ini. kompetensi persaingan belajar siswa menjadi sarana siswa untuk meningkatkan pemahamannya dan menggali potensinya.

Dapat disimpulkan bahwa pendidikan di era digitalisasi ini mendorong sistem pendidikan yang berbasis digital, dimana perkembangan digital ini juga memengaruhi proses pembelajaran siswa. Untuk meningkatkan potensi yang dimiliki siswa, hendaknya meningkatkan motivasi belajar yang maksimal.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 17 Mei 2024

Motivasi yang tinggi akan memengaruhi hasil belajar yang maksimal, sehingga siswa dapat mencurahkan potensi yang dimilikinya dengan mendalami, melatih, dan menggali potensi tersebut. Berbagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajara ini akan memengaruhi pada kemampuan dan keahlian siswa.

Daftar Pustaka

Rahman, Sunarti. (2021). “Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Hlm. 289-302.

Suprihatin, Siti. (2015). “Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 3, No. 1. Hlm. 73-82. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================