Perbaikan Terminal Bubulak Butuh Rp180 Miliar, Solusi Dishub Kota Bogor Cari Investor

Kondisi Terminal Bubulak di Januari 2024. (Foto: Aditya/Bogor-today.com)

BOGOR-TODAY.COM – Keberadaan Terminal Bubulak di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, semakin memprihatinkan dan belum adanya sentuhan khusus dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Di Kota Bogor, Terminal Bubulak merupakan salah satu terminal Tipe B ini kian kumuh dan penuh dengan genangan air akibat lintasan terminal yang dibiarkan rusak selama bertahun-tahun.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Marse Hendra buka suara mengenai rencana revitalisasi Terminal Bubulak yang telah menarik perhatian publik karena kondisinya yang memprihatinkan.

BACA JUGA :  Tingkatkan Mood dan Ingatan dengan Konsumsi 5 Makanan Ini!

Dia mengakui bahwa sejak tahun 2019 lalu, Dishub Kota Bogor berencana untuk melakukan perbaikan secara menyeluruh dengan mempersiapkan studi kelayakan hingga Detail Engineering Design (DED).

Pada tahun 2021, dilakukan kajian terhadap rencana penataan dan perbaikan Terminal Bubulak.

“Usulan tersebut kemudian diusulkan pada tahun 2023, dan telah muncul dalam Rencana Kegiatan Perangkat Daerah (RKPD) sebagai tahapan awal. Total anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan mencapai Rp180 miliar,” kata Marse, Rabu (17/1/2024).

BACA JUGA :  Mengikuti Halal Bihalal Forsesdasi, Sekda Burhanudin Ingatkan Pentingnya Kerja Sabilulungan

Walaupun usulan untuk emplasemen dasar atau pengecoran base track sebesar Rp23 miliar pada tahun 2023 telah diajukan, namun anggarannya belum final.

Menurut dia, karena anggaran yang terbatas, solusinya adalah bekerja sama dengan pihak ketiga.

============================================================
============================================================
============================================================