SEKOLAH BISA MEMODIFIKASI KURIKULUM

HERU_OPINI
Penulis Opini Heru B. (FOTO : IST)

Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati & Aktivis Pendidikan)

SEPERTI kita ketahui, gara-gara ada peristiwa yang sangat luar biasa, yaitu pandemi Covid 19, maka sekarang ada empat kurikulum.

Yaitu pertama Kurikulum 2013, kedua Kurikulum Darurat atau Kurikulum Kondisi Khusus yang merupakan penyederhanaan dari Kurikulum 2013, yang ketiga Kurikulum Merdeka, dan yang terakhir ke empat Kurikulum Penyesuaian yang dilakukan secara mandiri oleh setiap sekolah.

BACA JUGA :  SANLAT PELAJAR SEBAIKNYA DIADAKAN SEBELUM RAMADHAN

Dari ke empat kurikulum tersebut sekolah bisa melakukan modifikasi kurikulum pada kurikulum yang terakhir yaitu Kurikulum Penyesuaian.

Mengapa sekolah bisa memodifikasi Kurikulum Penyesuaian, karena kurikulum ini dilakukan secara mandiri oleh pihak sekolah.

Kurikulum ini sama dengan jaman dahulu yang bernama Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun, dikembangkan dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan (Sekolah) dengan memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP).

BACA JUGA :  Perangkat Daerah di Pemkot Bogor Raih Penghargaan, Bima Arya Ingin Jadi Motivasi OPD Lain

Terus sekolah bisa memodifikasi kurikulum tersebut dengan melihat kondisi lingkungan geografis, alam, sosial, Sumber Daya Alam (SDA), budaya, sejarah, agama maupun ciri yang lain yang ada di sekolah tersebut.

============================================================
============================================================
============================================================