Pondok Pesantren Daarut Tarmizi Gelar Simakan Hafalan Al-Qur’an

PESANTREN

BOGORTODAY.COM – Pondok Pesantren Daarut Tarmizi menggelar simakan hafalan Al-Qur’an atau tasmi’ pada Ahad (11/2/2024) lalu. Tasmihafalan Al-Qur’an santri langsung disaksikan oleh orangtua mereka melalui video call.

Tasmi’ sendiri merupakan kegiatan ujian tahfizh (menghafal) Qur’an yang dilakukan dengan memperdengarkan bacaan Al-Qur’an. Kegiatan ini biasa dilakukan di pesantren tahfizh sebagai ajang ujian santri.

Ustadz Muhammad Nasihin selaku Pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tarmizi menerangkan bahwa tujuan dilaksanakannya tasmi’ adalah untuk menguatkan hafalan Al-Qur’an santri. Disaksikan orang tua agar santri menunjukkan hasil selama belajar di pesantren.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Apresiasi Umbara Jadi Kampus Pertama di Indonesia Yang Terapkan Smart and Green Energy Campus

“Biasanya kami datangkan langsung orang tua atau wali santri ke pesantren supaya menyaksikan tasmi’ para santri, tapi karena kebanyakan wali santri berasal dari luar daerah maka solusinya adalah melalui video call,” kata Ustadz Muhammad Nasihin.

Ia mengatakan, orang tua yang menyimak langsung kegiatan tasmi’ akan semakin bersyukur dan lebih mendukung anak-anaknya. Dukungan tersebut sangat penting guna memberikan semangat dan doa kepada santri.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut di Jatim, Moge Tabrak Minibus di Jalur Pantura Probolinggo

“Alhamdulillah, proses tasmi’ berjalan dengan lancar, santri membaca surat-surat pilihan, juz 30 dan beberapa juz awal, semua wali santri juga bisa menyaksikan dan menyimak hafalan Al-Qur’an anak-anaknya, semoga menjadi penyemangat bagi orang tua dan santri,” tuturnya.

============================================================
============================================================
============================================================