181 Rumah Tangga Dapat Bantuan Septictank Komunal, Dedie Rachim Sebut Tirta Pakuan Penyumbang Utama

BOGOR-TODAY.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama Perumda Tirta Pakuan, BAZNAS Kota Bogor dan Forum Kota Sehat melakukan pemasangan septictank komunal secara simbolis di Gang Madrasah RT 04/01, Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan, Jumat (23/2/2024).

Langkah tersebut dilakukan untuk mempercepatan penanganan Open Defecation Free (ODF) dan stunting agar Kota Bogor bisa meraih predikat kota sehat.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengungkapkan, terdapat 191 rumah tangga yang menerima bantuan berupa septictank komunal yang dapat mengurangi angka ODF di Kelurahan Cikaret. Mungkin Tirta Pakuan adalah salah satu penyumbang utama di Kota Bogor.

BACA JUGA :  Resep Membuat Semur Daging Betawi yang Enak Anti Gagal

ODF ini ternyata menjadi penghambat untuk mendapatkan predikat kota sehat. Maka itu kami kombinasikan APBD, CSR, dan peran masyarakat, supaya Kota Bogor bisa ikut penilaian kota sehat,” ungkap Dedie Rachim.

Dedie mengatakan, ini menjadi fokus Pemkot Bogor, bahwa kesadaran akan kesehatan masyarakat semakin meningkat. Menurutnya, terdapat 22 septictank di Kelurahan Cikaret, RW 01, namun hanya empat septictank yang telah terpasang.

BACA JUGA :  DPRD Kota Bogor Bahas LKPJ Terakhir Bima Arya

“Tapi semuanya 18 septictank akan dipasang dan ODF ditangani Tirta Pakuan sebagai pembina wilayah Cikaret,” kata Dedie.

Dedie menjelaskan, persyaratan untuk mendapatkan bantuan septictank berkaitan dengan tingkat stunting, status kesejahteraan masyarakat, kondisi rumah tangga, dan tentu saja, fakta bahwa beberapa rumah tidak layak huni yang membutuhkan pinjaman dari sumber keuangan.

============================================================
============================================================
============================================================