Wajib Tau Ini! Makanan Tinggi Serat Sehatkan Usus Kamu dan Keluarga

Makanan Tinggi Serat Sehatkan Usus

BOGOR-TODAY.COM – Artikel ini akan membagikan informasi penting yang wajib kamu ketahui. Antara lain yaitu, lima makanan yang mengandung tinggi serat yang bagus untuk usus dan dapat membantu melancarkan pencernaan.

Serat memainkan peran protektif dalam segala hal, mulai dari mendukung kesehatan jantung, mengurangi risiko stroke, diabetes tipe-2, bahkan membantu masalah depresi.

Terlepas dari manfaat yang disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat paling istimewa yaitu membantu kesehatan usus, dengan menjaga segala sesuatu tetap bergerak melalui usus.

Jangan lupa imbangi dengan minum banyak cairan agar hasil kotoran tidak terlalu kering dan tidak menyebabkan sembelit.

Ini Dia 5 Makanan Tinggi Serat Sehatkan Usus

  1. Kacang almond
Kacang almond

Makan kacang almond bisa memenuhi asupan serat yang dibutuhkan tubuh. Namun, perlu diperhatikan porsinya.

Satu genggam kacang almond dengan kulit mengandung 3,2 gram serat, dimana memenuhi kebutuhan 10,6% dari jumlah harian yang direkomendasikan.

BACA JUGA :  Kenalkan Olahraga Skateboard Lewat KORMI Go To School

Semua kacang merupakan sumber serat baik. Namun, kacang almond utuh, dengan kulitnya adalah salah satu yang terbaik. Dikemas dengan nutrisi, termasuk lemak tak jenuh yang lebih sehat dan tinggi vitamin E.

Kandungan nutrisi ini menawarkan manfaat kardiovaskular. Almond juga merupakan sumber mineral kalsium dan magnesium yang dapat menguatkan tulang.

Namun, kamu perlu memperhatikan ukuran porsinya. Sebab, semua kacang juga tinggi kalori. Segenggam kecil kacang almond saja mengandung sekitar 200 kalori.

  1. Dark Chocolate

Dark chocolate juga mengandung serat tinggi serta flavonoid.

Dark chocolate atau cokelat hitam pekat juga menjadi salah satu makanan berserat tinggi. Di dalam 30 gram 85% dark chocolate mengandung 3,9 gram serat. 13% dari jumlah harian yang direkomendasikan.

BACA JUGA :  Tambah Imunitas Tubuh dengan 8 Makanan dan Minuman Ini

Cokelat hitam pekat berkualitas setidaknya mengandung 70% padatan kakao yang dapat menyediakan sejumlah besar asupan serat serta flavonoid, zat besi, magnesium, dan seng.

Kandungan-kandungan ini penting untuk menjaga tingkat energi dan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

  1. Alpukat dan roti gandum

Roti gandum campur alpukat diketahui menjadi makanan tinggi serat.

Alpukat dan roti merupakan perpaduan makanan yang pas. Setengah alpukat di atas roti gandum mengandung 10,5 gram serat. 35% dari jumlah harian yang direkomendasikan.

Alpukat sendiri kaya akan serat. Setengah buah alpukat menyediakan lebih dari 20% kebutuhan serat harian. Buah ini juga mengandung jumlah lemak tak jenuh tunggal yang lebih sehat.

============================================================
============================================================
============================================================