Sering Stres Bisa Bikin Cepat Tua? Benarkah? Wajib Simak Ini!

Ilustrasi Stress

BOGOR-TODAY.COM – Apakah benar stres bisa membuat seseorang terlihat lebih tua dari usianya? Menurut penelitian baru, efek ini mungkin hanya terlihat pada hari-hari saat orang merasa tidak bisa mengendalikan kehidupannya sendiri.

Lebih dari seperempat orang dewasa di Amerika Serikat melaporkan mereka terlalu stres, sehingga tidak bisa beraktivitas hampir setiap hari. Hal itu menurut pendapat American Psychological Association pada tahun 2022.

Ternyata kesejahteraan mental dan fisik bisa terdampak jika tingkat stres sudah kronis. Itu termasuk kecemasan, depresi, penyakit kardiovaskular, asma, hingga diabetes.

BACA JUGA :  Pangandaran Diguncang Gempa Terkini M3,7, Pusat di Laut Kedalaman 10 Km

Stres juga bisa menyebabkan kelelahan kronis, obesitas masalah pencernaan, dan gangguan sistem kekebalan tubuh. Ini yang secara kolektif dapat membuat seseorang merasa lebih tua dari usia sebenarnya.

“Ada penelitian substansial yang menunjukkan bahwa stres membuat orang lanjut usia merasa lebih tua, atau bahkan merasa lebih tua dari usia sebenarnya,” kata Shevaun Neupert, profesor psikologi di North Carolina State University, dalam sebuah pernyataan.

“Dan literatur memberitahu kita bahwa ketika orang lanjut usia merasa lebih tua dari usia sebenarnya, hal ini berhubungan dengan sejumlah dampak kesehatan yang negatif,” lanjutnya yang.

BACA JUGA :  Ternyata Buah Sawo Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Simak Ini

Meski begitu, Neupert mengungkapkan studi yang meneliti masalah ini pada orang dewasa muda masih sedikit, yaitu pada orang-orang usia remaja, 20-an, dan 30-an.

Menurutnya, jika memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang fenomena ini di semua kelompok umur, bisa membantu mengembangkan intervensi yang melindungi kesejahteraan mental dan fisik seseorang.

Hasil Penelitian

============================================================
============================================================
============================================================