Sering Stres Bisa Bikin Cepat Tua? Benarkah? Wajib Simak Ini!

Ilustrasi Stress

BOGOR-TODAY.COM – Apakah benar stres bisa membuat seseorang terlihat lebih tua dari usianya? Menurut penelitian baru, efek ini mungkin hanya terlihat pada hari-hari saat orang merasa tidak bisa mengendalikan kehidupannya sendiri.

Lebih dari seperempat orang dewasa di Amerika Serikat melaporkan mereka terlalu stres, sehingga tidak bisa beraktivitas hampir setiap hari. Hal itu menurut pendapat American Psychological Association pada tahun 2022.

Ternyata kesejahteraan mental dan fisik bisa terdampak jika tingkat stres sudah kronis. Itu termasuk kecemasan, depresi, penyakit kardiovaskular, asma, hingga diabetes.

Stres juga bisa menyebabkan kelelahan kronis, obesitas masalah pencernaan, dan gangguan sistem kekebalan tubuh. Ini yang secara kolektif dapat membuat seseorang merasa lebih tua dari usia sebenarnya.

“Ada penelitian substansial yang menunjukkan bahwa stres membuat orang lanjut usia merasa lebih tua, atau bahkan merasa lebih tua dari usia sebenarnya,” kata Shevaun Neupert, profesor psikologi di North Carolina State University, dalam sebuah pernyataan.

“Dan literatur memberitahu kita bahwa ketika orang lanjut usia merasa lebih tua dari usia sebenarnya, hal ini berhubungan dengan sejumlah dampak kesehatan yang negatif,” lanjutnya yang.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Kamis 16 Mei 2024

Meski begitu, Neupert mengungkapkan studi yang meneliti masalah ini pada orang dewasa muda masih sedikit, yaitu pada orang-orang usia remaja, 20-an, dan 30-an.

Menurutnya, jika memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang fenomena ini di semua kelompok umur, bisa membantu mengembangkan intervensi yang melindungi kesejahteraan mental dan fisik seseorang.

Hasil Penelitian

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Mental Health Science, Neupert dan rekannya mengumpulkan data dari 107 orang dewasa muda berusia antara 18 dan 36 tahun. Para partisipan dimonitor selama delapan hari untuk mengetahui tingkat stres yang mereka alami setiap hari, berapa usia mereka.

Mereka juga mengamati apa yang dirasakan dan lihat pada hari itu, dan seberapa besar kendali yang mereka rasakan terhadap kehidupan para peserta penelitian itu sendiri.

“Temuan kuncinya adalah pada hari-hari ketika peserta penelitian melaporkan mengalami tingkat stres yang lebih tinggi dibandingkan biasanya, mereka juga dilaporkan terlihat dan merasa lebih tua,” ungkap Neupert.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 15 Mei 2024

“Namun, hal ini hanya terjadi pada hari-hari ketika peserta penelitian juga melaporkan perasaan bahwa mereka kurang memiliki kendali atas hidup mereka dibandingkan biasanya,” tuturnya.

Meski hasil ini subjektif, penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa usia subjektif bisa mempengaruhi kesejahteraan subjektif, kinerja kognitif, dan mengurangi gejala depresi secara signifikan.

Hasilnya juga menunjukkan bahwa perasaan memiliki kendali atas kehidupan sendiri juga menangkal beberapa dampak negatif dari penyebab stres sehari-hari.

“Pekerjaan ini mungkin sangat tepat waktu, karena para peneliti stres melihat peningkatan jumlah stres yang dialami orang dewasa muda saat ini, jika dibandingkan dengan jumlah stres yang dialami generasi sebelumnya ketika mereka masih muda,” jelas Neupert.

“Jika orang-orang muda ini secara historis sudah mengalami tingkat stres yang tinggi dibandingkan usia mereka, dan stres tersebut memengaruhi usia mereka, penting bagi kita untuk memperhatikan dengan cermat penanda yang kita gunakan untuk menilai stres yang berhubungan dengan fisik dan mental. kesehatan untuk generasi ini,” pungkasnya.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================