Para Ibu Wajib Tahu, Ini Dia 10 Makanan Mengandung Zat Besi yang Baik Anak

Ilustrasi anak makan

BOGOR-TODAY.COMZat besi sangat penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Namun, meskipun ada banyak makanan yang mengandung zat besi, tak semuanya cocok dikonsumsi anak-anak.

Zat besi dibutuhkan tubuh untuk membuat hemoglobin dan memberikan warna pada sel darah merah. Hemoglobin ini akan membawa oksigen ke seluruh sel dalam tubuh. Kekurangan zat besi akan membuat kita anemia.

Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk Anak-anak

Berikut ini 10 makanan yang mengandung zat besi untuk anak-anak:

  1. Bayam
Bayam

Bayam dan sayuran berdaun hijau tua lainnya, seperti kangkung dan brokoli termasuk sumber zat besi yang terbaik. Setengah cangkir bayam yang direbus dan dikeringkan mengandung sekitar 3 mg zat besi.

BACA JUGA :  Sarapan Sehat dan Bergizi dengan Tumis Udang Sayuran yang Simple dan Lezat

Anda bisa mencampurkan sayuran ini dengan cara dicincang halus dan memasukkannya ke dalam makanan lain agar anak mau memakannya.

  1. Tahu
Tahu

Tahu juga cocok bagi anak-anak yang tidak doyan daging. Makanan ini terbuat dari kedelai yang mengandung protein, kalsium, dan tentunya zat besi.

  1. Daging Tanpa Lemak
Daging Tanpa Lemak

Terakhir adalah daging tanpa lemak. Ada banyak pilihan, seperti daging unggas, daging sapi, dan jeroan. Jika anak sulit memakan daging, cobalah dengan mencincang atau menggilingnya.

  1. Sereal Fortifikasi
BACA JUGA :  Bekal Sekolah dengan Sosis Dadar Nori yang Simple dan Sederhana
Sereal Fortifikasi

Sereal dan oatmeal fortifikasi atau yang sudah diperkaya nutrisi adalah cara lezat untuk memastikan anak-anak mendapatkan cukup zat besi.

Satu porsi sereal yang diperkaya zat besi biasanya mengandung 100 persen nilai harian zat besi hanya dalam satu porsi. Lihat pada label untuk mengetahui kandungannya.

Anda bisa menambahkan buah-buahan pada sereal atau oatmeal, seperti stroberi untuk memberi asupan vitamin C. Namun perlu diketahui, sereal sering kali mengandung gula yang tinggi.

  1. Telur

Telur
============================================================
============================================================
============================================================