Untuk Tangani Hidrasi, Lebih Bagus Air Lemon atau Air Kelapa? Simak Ini

BOGOR-TODAY.COM – Meminum air putih dan minuman menyehatkan lainnya seperti air lemon dan air kelapa, bisa menangani. Namun, dari air lemon dan air kelapa mana yang lebih memenuhi cairannya? Simak berikut ini.

Pola hidup sehat perlu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Hal ini penting untuk memastikan organ tubuh berfungsi maksimal sebab 60 persen tubuh terdiri dari air.

Jika hidrasi tak terpenuhi, maka akan mungkin mengalami banyak masalah kesehatan. Salah satunya dehidrasi yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan, kulit menjadi kering, terkelupas, dan terlihat kusam. Pada kasus terparah dapat menyebabkan syok hipovolemik.

Cara utama hidrasi adalah mengasup cairan sesuai kebutuhan tubuh. Selain dari air putih dan makanan berkuah, kamu bisa minum minuman sehat seperti air lemon dan air kelapa sebagai alternatif jika bosan rasa air putih.

BACA JUGA :  Piala Presiden 2024 Dimulai 19 Juli, Perebutkan Rp5 Miliar

Keistimewaan air kelapa

Air kelapa selama ini disebut minuman olahraga alami karena kandungan elektrolit di dalamnya. Banyak atlet mengandalkan air kelapa sebagai minuman untuk menghidrasi tubuh.

Air kelapa juga kaya akan kalium, natrium, magnesium, dan kalsium. Semuanya merupakan elektrolit yang penting untuk memelihara keseimbangan cairan dalam tubuh, menjaga fungsi otot, dan sinyal saraf.

Tak hanya itu, air kelapa mengandung karbohidrat, secara khusus dalam bentuk gula seperti glukosa dan fruktosa. Meminumnya dapat menjadi sumber energi yang cepat setelah lelah beraktivitas fisik.

Air kelapa mengandung antioksidan seperti vitamin C dan beragam polifenol. Fungsinya adalah menetralisir radikal bebas berbahaya yang ada dalam tubuh dan melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Antioksidan sendiri berperan penting dalam mengurangi inflamasi (peradangan), mendukung imunitas tubuh yang kuat, dan mencegah penyakit kronis.

BACA JUGA :  Hampir 30 Truk Sampah di Kota Bogor Perlu Perbaikan, Ini Solusi Pemkot

Air lemon juga kaya khasiat

Air lemon banyak digemari pelaku hidup sehat karena rasanya menyegarkan. Air lemon biasanya dijadikan infused water untuk diminum usai olahraga atau sebagai pilihan lain saat ingin minum sehat dengan rasa selain air putih.

Air lemon tergolong minuman rendah kalori yang kaya vitamin C, antioksidan, dan flavonoid. Kombinasinya dapat mendukung fungsi imun tubuh, menyehatkan kulit, dan melancarkan pencernaan.

======================================
======================================
======================================