Simak Ini, Makanan Vegetarian yang Bisa Jadi Pengganti Asupan Ikan

BOGOR-TODAY.COM – Nutrisi dari asupan hewani biasanya disampingkan oleh pelaku diet vegetarian. Ada beberapa asupan nabati yang disarankan ahli gizi untuk pengganti asupan ikan.

Vegan dan vegetarian merupakan pelaku diet yang membatasi mengonsumsi makanan tertentu, seperti memakan makanan hewani secara langsung.

Namun ahli gizi menyayangkan hal tersebut dengan alasan ada beberapa nutrisi yang tak dapat digantikan kebutuhannya.

Misalnya seperti kalsium yang bisa didapatkan dengan tinggi melalui asupan ikan.

Meski begitu ada beberapa pilihan alternatif yang disarankan ahli gizi untuk dikonsumsi pelaku vegetarian guna menggantikan asupan daging ikan.

Berikut beberapa makanan pengganti ikan untuk vegetarian.

  1. Biji-bijian
BACA JUGA :  Pemkab Bogor Bersama USAID Optimalkan Peran Kader Desa Cegah Penularan Tuberkulosis

Khasiat konsumsi biji-bijian bukan lagi rahasia bagi ahli gizi saja. Banyak pola diet dan para pegiat hidup sehat yang kini mulai beralih dengan menambahkan banyak asupan biji-bijian ke dalam makanannya.

Walaupun ukurannya kecil, biji-bijian adat akan nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam satu jenis biji-bijian terkandung kalsium, protein, hingga lemak sehat yang baik untuk cadangan di dalam tubuh.

Biji-bijian juga mudah untuk dikonsumsi, baik dicampurkan ke dalam makanan utama maupun dikonsumsi sebagai pengganti camilan yang lebih sehat. Setidaknya mengonsumsi 1-2 sendok makan biji-bijian sehari akan membantu memberikan asupan kalsium pada tubuh.

  1. Kacang-kacangan
BACA JUGA :  Menu Makan Siang dengan Sup Ayam Kembang Tahu yang Simple dan Menggugah Selera

Ada ribuan jenis kacang di dunia yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Bahkan di negara-negara seperti Inggris hingga negara Arab konsumsi kacang-kacangan menjadi budaya yang melekat.

Di Inggris sarapan dan atau mendampingi makanan utama dengan kacang adalah cara diet yang dilakukan sejak zaman nenek moyang. Sementara di negara-negara Arab kacang menjadi pelengkap bagi hampir seluruh hidangan makanan.

Ternyata konsumsi kacang-kacangan dapat memenuhi 19% kebutuhan kalsium dari kadar yang direkomendasikan. Karenanya walaupun tidak mengonsumsi ikan, tubuh tetap mendapatkan kalsium untuk menjalankan fungsinya.

============================================================
============================================================
============================================================