Simak Ini, Makanan Vegetarian yang Bisa Jadi Pengganti Asupan Ikan

BOGOR-TODAY.COM – Nutrisi dari asupan hewani biasanya disampingkan oleh pelaku diet vegetarian. Ada beberapa asupan nabati yang disarankan ahli gizi untuk pengganti asupan ikan.

Vegan dan vegetarian merupakan pelaku diet yang membatasi mengonsumsi makanan tertentu, seperti memakan makanan hewani secara langsung.

Namun ahli gizi menyayangkan hal tersebut dengan alasan ada beberapa nutrisi yang tak dapat digantikan kebutuhannya.

Misalnya seperti kalsium yang bisa didapatkan dengan tinggi melalui asupan ikan.

Meski begitu ada beberapa pilihan alternatif yang disarankan ahli gizi untuk dikonsumsi pelaku vegetarian guna menggantikan asupan daging ikan.

Berikut beberapa makanan pengganti ikan untuk vegetarian.

  1. Biji-bijian

Khasiat konsumsi biji-bijian bukan lagi rahasia bagi ahli gizi saja. Banyak pola diet dan para pegiat hidup sehat yang kini mulai beralih dengan menambahkan banyak asupan biji-bijian ke dalam makanannya.

Walaupun ukurannya kecil, biji-bijian adat akan nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam satu jenis biji-bijian terkandung kalsium, protein, hingga lemak sehat yang baik untuk cadangan di dalam tubuh.

Biji-bijian juga mudah untuk dikonsumsi, baik dicampurkan ke dalam makanan utama maupun dikonsumsi sebagai pengganti camilan yang lebih sehat. Setidaknya mengonsumsi 1-2 sendok makan biji-bijian sehari akan membantu memberikan asupan kalsium pada tubuh.

  1. Kacang-kacangan
BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Minggu 19 Mei 2024

Ada ribuan jenis kacang di dunia yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Bahkan di negara-negara seperti Inggris hingga negara Arab konsumsi kacang-kacangan menjadi budaya yang melekat.

Di Inggris sarapan dan atau mendampingi makanan utama dengan kacang adalah cara diet yang dilakukan sejak zaman nenek moyang. Sementara di negara-negara Arab kacang menjadi pelengkap bagi hampir seluruh hidangan makanan.

Ternyata konsumsi kacang-kacangan dapat memenuhi 19% kebutuhan kalsium dari kadar yang direkomendasikan. Karenanya walaupun tidak mengonsumsi ikan, tubuh tetap mendapatkan kalsium untuk menjalankan fungsinya.

  1. Sayuran hijau

Sejauh ini sayuran hijau lebih dikenal dengan kandungan seratnya yang tinggi. Warna hijau yang timbul akibat kandungan klorofilnya juga dinilai sebagai asupan yang dapat menyehatkan tubuh.

Ternyata sayuran hijau punya kandungan yang lebih banyak dari sekadar serat. Bayam dan beberapa jenis sayuran lain memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

Mengonsumsi sayuran hijau secara rajin cocok untuk membantu memenuhi kebutuhan mineral tubuh. Asupan makanan ini juga dapat menyehatkan saluran pencernaan yang dampaknya besar pada efektivitas fungsi organ tubuh.

  1. Brokoli
BACA JUGA :  Ayah di Purwerejo Tega Perkosa Anak Kandung, Kini Hamil 8 Bulan

Brokoli memiliki rasa yang berbeda dengan sayuran lain. Bentuknya yang unik dengan rasanya yang tidak pahit sama sekali berhasil membuat sayuran ini digemari anak-anak hingga dewasa.

Ternyata di balik konsumsi brokoli secara rutin dapat membantu memenuhi asupan nutrisi ke dalam tubuh. Sayuran ini diungkapkan ahli gizi mengandung kadar kalsium yang tinggi.

Pada 100 gram brokoli dapat memberikan 47 miligram kalsium untuk tubuh. Sehingga mengonsumsi brokoli disarankan bagi pelaku vegetarian yang sudah tidak mengonsumsi ikan sama sekali.

  1. Almond

Termasuk dalam keluarga kacang-kacangan, sudah menjadi rahasia umum jika almond memiliki khasiat untuk tubuh. Almond memiliki kandungan nutrisi yang padat dan beragam sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia.

Konsumsi segenggam almond, kamu bisa mendapatkan kandungan lemak sehat, kalsium, protein, dan magnesium sekaligus. Almond juga mudah ditemukan di supermarket maupun toko bahan makanan terdekat.

Cara mengolah almond untuk dikonsumsi juga sederhana dan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya menjadi puding almond, susu, topping makanan, atau menjadi camilan sehat di antara jeda waktu makan.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================