Mahkota Binokasih dan Artefak Perjalanan Islam Dipamerkan di Perpustakaan Kota Bogor

Pada masa Prabu Siliwangi terakhir yakni Prabu Suryakancana, sebelum Pajajaran diserang Banten dan Cirebon, mahkota ini diserahkan ke keraton Sumedang dan mahkota disimpan sampai sekarang.

“Jadi untuk mengenang kisah perjalanan mahkota ini setiap tahun keraton Sumedang melakukan kirab agar masyarakat mengetahui ceritanya. Aslinya mahkota yang terbuat dari emas seberat 8 kg ini sudah ada bagian yang rusak, lalu direkonstruksi lagi, namun elemen yang dari 700 tahunnya masih ada,” kata Gatut.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Sabtu 11 Mei 2024

Gatut menambahkan, tak hanya memamerkan Mahkota Binokasih, ada pula pameran artefak langka jejak perjalanan Islam di Indonesia.

Artefak Islam yang dipamerkan mulai dari Al-Qur’an abad ke-15 yang ditulis Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati, Kiswah makam Baginda Rasulullah di Madinah di era Khalifah Utsmani, Al-Qur’an yang ditulis di daun lontar dan Al-Qur’an kecil.

BACA JUGA :  Pemerintah Kota Bogor Targetkan Raih Predikat Utama KLA 2024

“Semua artefak ini asli, khusus yang artefak dari Khalifah Utsmaniyah ada dokumen pelepasan hak dari Raja Utsmaniyah. Tadinya artefak ini akan dipamerkan di museum yang akan dibuat di Jakarta, namun karena ada halangan, jadinya sekarang ditaruh di pesantren pagentongan Al-Falak,” kata dia.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================