Untitled-15Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, pemer­intah sudah menyiapkan langkah antisipasi kemacetan saat mudik Lebaran. Selain mulai dibukanya Tol Pejagan-Brebes, operasi gerbang Tol Palimanan akan dimaksimalkan menjadi 23 pintu tol.

“Kita sudah siapkan beberapa tol, Pejagan-Brebes Senin sudah dir­esmikan. Integrasi dari delapan jadi empat. Cikopo langsung Palimanan bablas sampai Brebes Timur. Pintu tol Palimanan dari 11 pintu jadi 23 pintu,” ujar Basuki kepada wartawan di Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (8/6/2016).

Untuk jalur mudik di Pulau Su­matera, pihaknya memastikan jalan nasional sudah siap dilintasi para pemudik. “Titik kerawanan pasti ada kalau hujan. Kita siapkan alat berat di situ,” sambungnya.

Pengaturan arus mudik menurut Basuki akan mengoptimalkan kerja sama dengan kepolisian dan Kementerian Perhubungan. Dia berharap para pemudik utamanya pemotor memilih fasilitas mudik gratis. ­

“Saya kira dari Menhub dari ke­polisian sudah siap. Kenaikan mo­tor lebih tinggi, kemarin dilapor­kan oleh Menhub ada fasilitas mudik gratis motor. Itu dimaksimalkan,” ujarnya.

Musim mudik Lebaran tahun 2016, pemudik di Pulau Jawa bakal memiliki banyak pilihan alternatif jalur mudik. Selain telah beroper­asinya Jalan Tol Cikopo-Palimanan, sejumlah ruas tol baru di pulau ter­padat ini juga mulai bisa dilewati.

Menurut data Direktorat Jen­deral Bina Marga, total ada 95 km Jalan Tol baru di Pulau Jawa baik yang telah beroperasi maupun yang berstatus fungsional bisa digunakan pada musim mudik lebaran nanti.

Berikut rincianya:

-Pejagan-Pemalang/Tegal Barat di Provinsi Jawa Tengah telah berop­erasi sepanjang 26 km,

-Bawen-Salatiga di Provinsi Jawa Tengah siap fungsional 17,57 km,

-Solo-Kertosono di Provinsi Jawa Tengah siap Fungsional 10 km

-Surabaya-Mojokerto di Provin­si Jawa Timur telah beroperasi 18 km

-Kertosono-Mojokerto/Mojokerto Barat-Mojokerto Utara di Provinsi Jawa Timur telah beroperasi 5 km

-Gempol-Pasuruan/Rembang di Provinsi Jawa Timur siap fungsional 13 km

-Cinere-Jagorawi Seksi II Raya Bogor-Kukusan siap beroperasi 6 km