2 Kali Erupsi Jumat Pagi Ini, Gunung Semeru Letuskan 500 Meter di Atas Puncak

BOGOR-TODAY.COM – Pada Jumat (19/4/2024) pagi ini pukul 06.30 WIB dan 06.45 WIB, Gunung Semeru mengalami dua kali erupsi. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan tinggi kolom letusan terakhir tercatat 500 meter di atas puncak.

Di dalam dua kabupaten yang secara administratif letaknya Gunung Semeru, yakni Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur saat ini masih berstatus Level III Siaga.

BACA JUGA :  Simak 5 Menu Sarapan Terbaik Ini untuk Berikan Energi dan Tingkatkan Suasana Hati

“Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari Jumat, 19 April 2024, pukul 06:45 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 500 meter di atas puncak (± 4.176 meter di atas permukaan laut),” ujar Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Liswanto, Jumat (19/4/2024).

Sementara itu, Liswanto mengatakan kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah selatan. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Selasa 30 April 2024

Lebih lanjut, Liswanto mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan aktivitas apa pun di sektor tenggara sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

============================================================
============================================================
============================================================