BOGOR TODAY – Anjing berharga jutaan rupiah yang biasa dipasarkan ke lapo di­curi oleh dua orang pemburu anjing. Kedua maling anjing tersebut berhasil digagalkan oleh warga yang sedang ron­da.

Pelaku memberi makanan berbentuk lilin yang sudah ditaburi racun untuk melum­puhkan anjing galak tersebut. Saat anjing dalam kondisi tak berdaya, mereka memasukan ke dalam karung lalu men­jualnya ke lapo.

Menurut pengakuan Sigit Purnomo (48) dan Medi (50), warga Kampung Cimuning RT 03/06 Kelurahan Cimun­ing Kecamatan Mustika Jaya Kabupaten Bekasi ini, mereka menjadi pemasok anjing ke lapo-lapo. Aksi itu sudah di­jalani selama setahun.

Mereka mencari anjing dari satu tempat ke tempat lainnya. Tapi kini aksinya ter­henti setelah ditangkap men­curi anjing pemburu seharga Rp5 juta milik Asep (30), warga Bojong.“Nglumpuhin anjing mah gampang, saya sudah tahu caranya,” kata pelaku sambil menceritakan cara-caranya.

Kapolres Bogor, AKBP Suyudi Ario Seto membenar­kan penangkapan dua pelaku pencurian anjing itu Senin (26/7) sekitar pukul 04.00 WIB subuh. Mereka ditang­kap di Kampung Bojong RT 01/04 Desa Gunung Geulis Ke­camatan Sukaraja Kabupaten Bogor oleh warga saat aksinya meracun anjing dipergoki warga.

Sejumlah barang bukti ikut diamankan petugas dianta­ranya seekor anjing yang su­dah mati, tali plastik, karung dan racun berbentuk lilin ser­ta sebuah sepeda motor yang digunakan pelaku dalam aksi kejahatannya. (Abdul Kadir Basalamah)

loading...