sadasdFAKTOR-faktor tertentu dapat meningkatkan risiko kanker ovarium. Memiliki satu atau lebih faktor risiko di bawah ini, tidak berarti bah­wa Anda pasti akan mender­ita kanker ovarium. Tapi be­rarti risiko Anda lebih tinggi dari rata-rata wanita lainnya.

  1. Mutasi gen yang di­wariskan.

Sebagian kecil kanker ovarium disebabkan oleh mutasi gen yang diwariskan. Gen yang diketahui mening­katkan risiko kanker ovarium disebut gen kanker payudara 1 (BRCA1) dan gen kanker pa­yudara 2 (BRCA2).

Gen ini awalnya diiden­tifikasi dalam keluarga den­gan beberapa kasus kanker payudara. Mutasi ini juga meningkatkan risiko kanker ovarium secara signifikan.

  1. Riwayat keluarga den­gan kanker ovarium.

Jika orang-orang di dalam keluarga Anda telah mengal­ami kanker ovarium, risiko Anda mengalami penyakit yang sama akan meningkat.

  1. Terdiagnosis mend­erita kanker jenis lain sebel­umnya.

Jika Anda telah didiagnosa dengan kanker payudara, usus besar, rektum, atau ra­him, risiko kanker ovarium akan meningkat.

  1. Bertambahnya usia.

Risiko kanker ovarium Anda akan meningkat seja­lan dengan usia Anda. Kank­er ovarium paling sering berkembang setelah masa menopause, meskipun dapat terjadi pada wanita di semua tahapan usia.

  1. Belum pernah hamil.

Orang-orang yang belum pernah hamil memiliki pen­ingkatan risiko kanker ovari­um.

loading...