20160625_041709_harianterbit_Joko_DriyonoJAKARTA, TODAY-PT Gelora Trisula Semesta (GTS) memas­tikan Indonesia Soccer Cham­pionship (ISC) A, tetap berjalan meski timnas Indonesia bakal bertanding di Piala AFF 2016 akhir tahun ini.

Keputusan itu terjadi setelah PT GTS menggelar rapat dengan 18 klub peserta ISC A di Hotel Parklane, Jumat (22/7) lalu.

Menurut direktur utama PT GTS, Joko Driyono, dalam per­temuan tersebut pihaknya me­maparkan dua opsi yang bisa di­pilih oleh klub-klub.

Pilihan pertama kompetisi berjalan tapi klub mesti melepas dua pemainnya untuk masuk ke timnas dan opsi kedua adalah kompetisi berhenti tapi timnas tetap berjalan.

Namun, menurut pria yang akrab disapa Jokdri tersebut bila klub memilih opsi yang kedua, dipastikan klub akan mengeluar­kan dana lebih besar.

Pasalnya, jadwal ISC A bakal mundur dari kesepakatan awal, sehingga klub mesti memberikan tambahan gaji untuk para pe­mainnya.

“Klub sudah memilih, dan sepakat untuk menggunakan opsi yang pertama. Mereka merelakan dua pemainnya masuk ke dalam timnas untuk Piala AFF,” kata Jokdri setelah rapat.

Lebih lanjut mantan sekjen PSSI tersebut menyatakan pi­haknya juga sudah membicara­kan hal tersebut kepada pelatih timnas Indonesia Alfred Riedl. Ia menyebut Riedl tak masalah dengan pilihan yang diambil oleh klub dan siap untuk memaksi­malkan dua pemain yang ada.

Jokdri pun menuturkan ada dua agenda penting yang bakal digelar oleh timnas yakni peri­ode tahap pertama Agustus, dan September karena ada training center (TC). Pelatih timnas di­perbolehkan memanggil para pemain klub karena tidak ada agenda pertandingan. “Seluruh pemain bisa menjalankan aktifi­tas tc karena kami kosongkan jad­wal terkait event nasional. Dalam Agustus dan September pemang­gilan pemain tidak mengganggu pemain di klub. Jadi klub tidak merasakan dirugikan,” ucapnya.

“Sekarang periode tahap kedua yaitu Oktober sampai Piala AFF. Di mana pelatih hanya bisa memanggil dua pemain saja dari klub, seperti opsi yang pertama saya jelaskan tadi,” tambahnya. (Imam/net)

loading...