junkLangkah awal untuk mendapatkan kulit yang kenyal dan bebas kerutan bukanlah kosmetik yang mahal. Mulailah dari cara paling sederhana, yakni mengatur asupan makanan. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, serta mengurangi asupan makanan berlemak merupakan cara untuk mencegah penuaan dini pada kulit.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Konsultan anti-aging, dr Ariana Suryadewi Soejanto mengungkapkan, makanan ber­lemak dapat merusak kolagen dalam tu­buh. Kolagen merupakan protein penting yang membuat kulit tetap kencang. “Ka­lau kolagen menurun jumlahnya akan muncul keriput,” kata Ariana.

Seiring bert­ambahnya usia, kolagen yang diproduksi secara alami dalam tubuh m e m a n g mengalami penurunan. Menurunny a produksi kolagen pada usia di atas 20 ta­hun bisa menyebabkan kulit keriput dan terlihat kusam. Akan tetapi, asu­pan makanan dapat mempenga­r u h i kola­gen dalam tubuh.

Proses penuaan bisa diperlambat jika kita rutin mengonsumsi makanan sehat. “Makanan yang banyak mengandung kolagen, antara lain, ikan, daging. Tapi perhatikan juga cara masaknya,” ujar Ariana.

Makanan seperti ikan yang mengandung kolagen bisa menggantikan kolagen yang hilang dalam tubuh.

Jika ingin awet muda, hindari makan­an tinggi lemak jenuh maupun lemak trans. Selain itu, konsumsi makanan tinggi vitamin C yang dapat memban­tu penyerapan kolagen menjadi lebih optimal.

Penuaan juga dipengaruhi oleh pa­paran radikal bebas, seperti polusi uda­ra dan asap rokok. Untuk itu, konsunsi makanan yang mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh, seperti sayuran dan buah-buahan.

Ada baiknya perbanyak konsumsi makanan kaya an­tioksidan. Kadar antioksidan terbaik dapat ditemukan pada kacang-kacangan, anggur, macam-macam buah beri, brokoli, wortel, teh hijau, dan biji-bijian utuh.

“Penuaan merupakan bagian dari proses alam, namun penuaan dini dapat dihindari. Cukup ubah kebiasaan buruk agar memiliki kulit sehat dan awet muda. Jangan lupa, perbanyak mengonsumsi air putih dan rutin berolahraga juga bisa berdampak positif bagi kulit,” tuturnya.

Namun, meski dapat berakibat buruk bagi ke­sehatan kulit bukan berarti harus 100 persen menghindari jenis makanan-makanan terse­but. Namun kurangi konsumsi atau ganti jenis makanan tersebut dengan makanan yang lebih sehat.

Selain itu perbanyak konsumsi sayuran dan buah yang mengandung seng, sele­nium, vitamin C, dan beta karoten yang akan memproduksi kolagen dalam tubuh. Kolagen akan berfungsi menjaga kulit agar tetap kenyal dan melindungi kulit dalam melawan radikal bebas. Perbanyak pula makanan yang mengandung asam lemak omega3 dan Alpha Linolenic Acid (ALA) yang terkandung pada beberapa jenis makanan seperti alpukat, salm­on, dan minyak zaitun.

 

loading...