dortmund1PENCETAK gol tunggal pada Final Piala Dunia 2014, Mario Goetze akhirnya pulang ke pelu­kan klub yang telah membesarkannya, Borus­sia Dortmund. Goetze ditebus dengan ma­har 26 juta euro (Rp 380 miliar) dari Bayern Munich dan akan bermukin di Stadion Signal Iduna Park hingga 2020 mendatang.

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Kabar kepulangan Goetze memang su­dah beredar dalam beberapa pekan terakhir. Hal itu akhirnya terkonfirmasi usai Dortmund mengumumkan terjalinnya kesepakatan dari ketiga pihak. Goe­tze masih perlu men­jalani tes medis. Setelah itu, kalau segalanya berja­lan lancar, pemain 24 tahun tersebut akan meneken kontrak yang menandai kepulangannya secara resmi.

“Saya pribadi sangat senang Mario telah memutuskan kemba­li ke Borussia Dortmund. Sejak kepergiannya di 2013, saya ber­harap dia akan kembali,” ujar CEO Dortmund, Hans-Joachim Watzke di situs resmi klub.

Goetze merupakan produk akademi Dortmund dan menjalani debut di musim 2009/2010. Empat musim mem­bela Die Borussen, dia meraih dua gelar Liga Jerman dan satu titel DFB-Pokal, serta men­capai Final Liga Champions 2012/2013.

Setelah empat musim, Goetze pin­dah ke tim rival, Bayern Munich. Tapi sejak musim lalu, dia kesulitan mendapatkan kesempatan bermain dan cuma tampil 14 kali di liga. Hal inilah yang jadi alasan utama kepulangannya.

“Mario adalah seorang Dortmunder, salah satu gelandang paling kreatif di Er­opa dan masih berusia 24 tahun. Dia pu­nya banyak opsi yang tersedia untuknya, tapi mengambil keputusan untuk kem­bali ke klub kota asalnya,” sahut Direk­tur Olahraga Dortmund Michael Zorc.

Keputusan Goetze ke Dortmund sekaligus menepis rumor yang dikabar­kan bahwa dia akan kembali dilatih dengan Juergen Klopp di Liverpool. Tim Inggris lain yang juga harus gigit jari adalah Tottenham Hotspur yang juga dikabarkan kepincut untuk men­datangkannya.

Goetze langsung merespon dengan mengirim pernyataan di situs resmi Borussia Dortmund. Dia mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Bayern Munich. “Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bayern Munich dan Karl-Heinz Rummenigge. Kami ber­negosiasi dengan Bayern dalam jendela transfer ini. Pembicaraan kami ditan­dai dengan rasa profesionalisme yang besar dan rasa saling percaya,” tulis Goetze.

Sementara Presiden Bayern, Karl- Heinz Rummenigge mengaku kesepaka­tan yang terjalin cukup adil. “Pembi­caraan kepindahan (Goetze) berjalan sangat adil dan dapat dipercaya, tapi kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Borussia Dortmund dan juga Goetze,” ungkap Rummenigge.

“Saya pikir transfer ini adalah solusi terbaik bagi kedua pihak. Bayern in­gin mengucapkan terima kasih kepada Mario Goetze selama tiga tahun yang ia habiskan dengan seragam Bayern Muenchen dan kami berharap dia suk­ses di masa depan!” imbuhnya. (*/Net)

 

loading...