Berita-2BOGOR, Today – Selama bulan puasa, biasanya cabang olahraga (cabor) merubah porsi latihan me­nyesuaikan dengan kondisi atlet yang tengah menjalankan ibadah puasa. Namun Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Per­basasi) Kota Bogor justru menggelar turnamen.

Ketua Perbasasi Kota Bogor, rudy Tryanto mengatakan bahwa turnamen yang digelar tersebut merupakan turnamen rutin tahu­nan Perbasasi Kota Bogor. “Kita se­tiap tahun memang menggelar tur­namen di bulan puasa,” katanya.

Turnamen bernama Nagabubu­rit Cup Slo Fitch Ramadhan 2015 tersebut diikuti oleh 12 klub dari berbagai sekolah yang ada di kota Bogor. selain untuk menambah jam terbang para atlet, turnamen terse­but juga ditujukan untuk menjaga stamina atlet supaya tidak mengala­mi penurunan selama bulan puasa.

“Ini sudah memasuki turnamen yang keenam. Kali ini kita menga­dakan turnamen dengan menggan­deng berbagai sekolah yang memi­liki ekskul dan klub baseball dan softball di Kota Bogor,” ujarnya.

Ngabuburit Cup Slo-fitch ramad­han yang digelar di lapangan Gelang­gang olahraga(GOR) Pajajaran, dii­kuti 12 club serta sekolah di wilayah Kota Bogor, di antaranya , SMA 1, SMA 2, SMA 3, SMA 4, Bina Insani, YPHB, dan Sekolah Bogor Raya.

Rudy menambahkan, stamina para atlet harus dijaga, terutama pada saat bulan suci ramdhan. Ke­mampuan mereka juga harus di­persiapkan untuk menghadapi ke­juaraan yang lebih besar nantinya. “Tujuan dari event yang digelar ini, lebih kepada menjaga stamina para atlet Kota Bogor agar tidak vakum selama bulan puasa, selain itu un­tuk terus menabah jam terbang para pemain sebelum mereka bertarung pada ajang yang lebih besar,” im­buhnya.

Ia berharap, melalui ajang seper­ti ini, banyak ditemukan bibit-bibit handal yang nantinya bisa mem­perkuat serta meregenerasi para at­let baseball dan softball Kota Bogor. “Dari kejuaraan seperti ini, banyak bibit, atau para pemain andal yang bisa dilihat. Ini menjadi peluang kami juga untuk dapat menyeleksi calon atlet potensial, untuk mem­perkuat Perbasasi dari setiap tahun­nya,” pungkasnya.

(Adilla Prasetyo Wibowo)