PALEMBANG TODAY– Kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Selatan masih terus terjadi. Untuk pencegahan, Satgas Karhutla pun membuat sumur bor untuk pemadaman.

Pembuatan sumur bor disebut menjadi salah satu solusi penanganan Karhutla di daerah Ogan Komering Ilir. Terutama untuk lahan gambut dan sulit dilakukan pemadaman.

Dandim 0402 Ogan Komering Ilir, Letkol Inf Riyandi mengaku sumur bor terbukti dapat digunakan untuk pemadaman api. dengan cepat. Selain itu sumur bor juga bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar.

Dikutip dari detik.com, “Di lokasi ini (Sepucuk) kita bikin 10 titik sumur bor. Tapi ada juga di Pampangan, Pangkalan Lampan dan Tulung Selapan ada 14 titik. Ditambah lagi dari tim BRG,” kata Riyadi, Kamis (3/10/2019).

Riyandi mengatakan kapasitas air sumur bor dapat keluar 4 liter/detik. Ini artinya dalam waktu satu jam sumur bor dapat mengeluarkan air 16.000/detik di musim kemarau dan setara dengan kemampuan empat mobil damkar berisi 4-5 ribu liter untuk satu damkar.

“Hitungan kita ini sama dengan damkar, bedanya mobil itu membutuhkan waktu panjang dan tidak bisa jangkau lagsung titik karhutla. Kalau sumur bor langsung,” kata Dandim.(net)

loading...