Untitled-4BOGOR, TODAY – Sekolah merupakan lembaga formal publik untuk menimba ilmu yang berguna untuk mencerdaskan, serta mendidikan seorang pelajar dalam setiap segi komponen kehidupan, mulai dari intelektual, hingga kerohanian seb­agai bekal mereka kelak.

Salah satunya Sekolah Mengenah Per­tama (SMP) Cakrawala. Berlokasi di Desa Kedung Waringin, Kecamatan Bojong­gdede. Dalam proses pembelajarannya mereka mempunyai metode tersendiri dalam mendidik setiap muridnya.

Tak hanya materi akademis diberikan oleh para tenaga pelajar, namun ilmu ke­agamaan yang kental diterapkan kepada pelajarnya.

Adapun kegiatan kusus bagi para siswa–siswi SMP Cakrawala sebelum me­masuki kelas pada pagi harinya. Bertempat di aula sekolah para murid melakukan Mu­rotal Al-Quran, serta mendengarkan tau­siah dari para pembimbing, dan ditutup dengan salat dhuha bersama.

Sukarno, sebagai pendiri Sekolah Cakrawala, dan sekaligus Kepala Desa Ke­dung Waringin, Kecamatan Bojonggede, di sini selain menarapkan pelajaran umum lainnya, juga menggembleng pela­jaran agama, dimana salah satunya adalah siswa diwajibkan agar mengikuti kegiatan Murottal Al-quran, serta shalat dhuha ber­jamaah. “Tujuannya untuk mengajarkan sekaligus memperkuat akhlak para pela­jar,” ujarnya.

Di SMP Cakrawala ter­dapat 3 mata pelajaran yang berbeda, dengan beberapa sistem kurikulum, yaitu Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Depertemen Aga­ma, dan meliputi Baca Tulis Quran (BTQ), Fiqih, serta hadits.

(Latifa Fitria)