sampah-DKPBOGOR TODAY – Dinas Kepersi­han dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor kelimpungan mengangkut sampah. Mereka sering kesiangan dalam menyapu bersih sampah di tempat pembuangan sampah (TPS) sementara.

Kepala Bidang Kebersihan DKP Kota Bogor, Uju Juono, men­gatakan, sesuai aturan waktu pen­gangkutan sampah mulai pukul 18.00 hingga pukul 06.00 WIB pagi. Tapi kenyataannya, masih banyak pihaknya yang mengang­kut sampah sampai pukul 09.00 WIB. “Ya, memang ini kendala bagi kami, petugas sudah siap dari malam sampai pagi, tapi masyara­kat yang membuang sampah bi­asanya pagi bahkan sampai siang, kalau kami angkut sebelum pukul 06.00 WIB, maka pukul 09.00 WIB sampah sudah kembali num­puk nanti DKP dinilai tidak beker­ja,” ungkapnya.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, pihaknya mengaku se­lalu menggelar sosialisasi ke setiap kelurahan dan pihak kecamatan. “Ya, kami harap baik kelurahan atau kecamatan terus menso­sialisasikan untuk membangun kesadaran masyarakat karena masalah kebersihan merupakan tanggung jawab bersama,” jelas­nya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat membantu DKP, minimal bisa menciptakan ketertiban mem­buang sampah dari malam hari se­hingga pagi bisa langsung diangkut oleh DKP.

(Guntur Eko Wicaksono)

loading...