Foto(1466)Replika kendaraan berbentuk miniatur mungkin sudah banyak Anda lihat dimana-mana. Namun, replika kendaraan dengan ukuran asli dengan skala satu banding satu yang terbuat dari kayu mungkin masih jarang ditemukan. Kerajinan tangan yang membutuhkan keahlian dan kreativitas tinggi ini menarik perhatian penikmat seni, terutama dari pasar luar negeri. Sebut saja beberapa negara, seperti Jerman, Belanda, dan Uni Emirat Arab.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Umumnya rep­lika kendara­an yang dimi­nati seperti motor, mobil, becak, atau sepeda. Pe­mi­nat replika otomotif ini juga banyak datang dari dalam neg­eri, meski tidak sebanyak dari luar negeri. Umumnya mereka adalah para kolektor dan pecin­ta otomotif.

Tentu ini menjadi ceruk bisnis yang menarik pula. Lantaran pengerjaannya yang rumit serta membutuhkan kayu yang berkualitas tinggi, harga jual satu unit replika otomotif ini pun tidak murah. Banyak perajin kayu di daerah-daerah Jawa membuat kerajinan replika kendaraan ini lantaran permintaan yang besar.

Abdul Rohman, seni­man replika kayu asal Jepara, Jawa Tengah, mengatakan, replika kendaraan dari kayu memang agak sulit pembuatannya. Ada juga yang membuat replika namun tidak be­gitu detail dan terkadang hanya asal berbentuk motor saja atau mobil saja. Mengukir kayu dengan skala aslinya tentunya membutuh­kan ketelitian dan kesabaran.

Laki-laki yang lebih akrab disapa Rohman ini sudah menjadi perajin ukir sejak duduk di bangku kuliah. Dia tertarik menekuni aktivitas seni ini karena tidak semua orang bisa mem­buat detail yang sama persis.

Rohman banyak belajar mengukir dari ayahnya yang memang menjadi pegawai ukir kayu. Alhasil sejak lulus kuliah, dia mulai mem­bangun usahanya dengan nama Garuda Jepara di bawah naungan CV Garuda Jepara. Saat ini dia dibantu oleh enam orang karyawan untuk memproduksi seluruh pesanan konsumen.

Selain membuat replika kendaraan, dia juga membuat furnitur dari kayu lainnya seperti sofa, tempat tidur, meja, kursi, kabinet, dan ukiran bentuk lain seperti lambang burung garuda. Khusus untuk replika kendaraan, Rohman hanya membuat replika jenis motor Harley Davidson.

Khusus untuk replika Harley Davidson, dia hanya memproduksi tiga unit dalam sebulan. Harga jualnya Rp 14 juta per unit. “Namun, terkadang dalam sebulan hanya memproduksi satu saja,” kata Rohman.

======================================
======================================
======================================