timnas-u23-latihan-pelatnas-2-640x382JAKARTA, Today – Tim nasional Indone­sia U-23 fokus menatap partai ketiga SEA Games 2015 kontra Filipina U-23, besok (hari ini,red). Tiga poin jadi harga mati un­tuk memuluskan langkah Garuda Muda ke babak semi-final.

Pelatih Indonesia, Aji Santoso, tidak in­gin terlena dengan kemenangan besar di laga sebelumnya kontra Kamboja. Di mana Evan Dimas dan kolega melibas Kamboja dengan skor meyakinkan 6-1.

“Hari ini (8/6) kami tidak latihan agar lebih fokus dan konsentrasi melawan Fili­pina. Kita sudah melupakan kemenangan besar Kamboja. Yang jelas kami tak mau meremehkan apalagi menganggap enteng tim Filipina di laga besok,” papar Aji di­nukil laman resmi PSSI.

Filipina memang jadi bulan-bulanan di Grup A, dari tiga penampilan, mereka ke­masukkan sembilan gol dan belum bernah merengkuh kemenangan.

Keadaan tim arahan Lee Tae Hoon itu pun ingin dimanfaatkan Aji untuk mencari kemanangan dengan margin gol besar.

“Kita dari menit pertama akan langsung menggebrak serta menyerang. Tentunya kami ingin menang dengan selisih gol yang besar juga,” tegas eks pemain Persebaya Surabaya itu.

Lebih lanjut ia terus mempersiapkan timnya secara maksimal guna mengha­dapi Filipina U-23 dalam lanjutan grup A SEA Games 2015 di Stadion Jalan Besar, Singapura. Seperti diketahui, Indonesia U-23 menargetkan kemenangan di laga tersebut.

Berbagai antisipasi pun dilakukan untuk laga tersebut. Termasuk bakal adanya pe­rubahan kembali dalam komposisi pemain yang dijadikan sebagai starting eleven.

“Saya akan melakukan rotasi satu atau dua orang untuk menjaga kondisi tim,” ucap Aji.

Di sisi lain, mantan kapten timnas In­donesia itu juga mengungkapkan terus membenahi kelemahan timnya. Ada yang menjadi catatan serius bagi Aji, mengenai kelemahan timnya pada dua laga sebelum­nya.

“Kami masih lengah dalam mengantisi­pasi bola mati. Ini yang harus diperbaiki,” bebernya.

Sementara ini, tim Garuda Muda masih berada di posisi kedua klasemen sementa­ra dengan nilai tiga dari dua laga yang telah dijalani. Sedangkan Filipina sudah dipasti­kan tersingkir setelah dalam tiga laga sebel­umnya selalu menderita kekalahan.

Pantang Anggap Remeh

Tim nasional Indonesia U-23 sempat terpuruk pada laga pembuka SEA Games 2015 kala berhadapan dengan Myanmar U-23.

Tim racikan Aji Santoso menelan pil pahit dengan kekalahan 4-2. Namun, di laga kedua, Garuda Muda sukses menyikat Kamboja dengan skor meyakinkan 6-1.

Raihan tersebut mem­buat mental para penggawa Merah-Putih pun mulai ter­dongkrak. Laga kontra Filipina esok (9/6) akan menentukan lang­kah Evan Dimas dan kolega untuk tempat di semi-final. Kiper Indonesia, Muhamad Natshir Fadhil pun optimistis.

“Dengan kemenangan atas Kamboja, mental teman-teman terus naik. Pela­tih (Aji Santoso) juga sudah menyiapkan strategi untuk pertandingan nanti,” papar Natshir.

(Imam/net)