ADE_3541==SINGAPURA, Today - Tim putri perahu naga Indonesia mengakhiri puasa gelar selama empat SEA Games setelah meraih medali emas dalam perlombaan perahu naga SEA Games 2015 di Teluk Marina Singapura, Sabtu (6/6/2015).

Tim putri Indonesia yang terdiri dari Astri Dwijayanti, Wina Apriani, Ayuning Tika Vihara, Septivina, Riana Yulistrian, Ririn Nurparidah, Ririn Anggraini, Fazriah Nurbayan, Mar­nia, Alliyah Koesmarlina Sari, Itsnah Tsaniah, dan Aswiati berhasil menang dengan catatan waktu satu menit 0,127 detik sekaligus unggul tipis dari tim putri Thailand yang meraih waktu satu menit 0,752 detik.

“Kami tidak memikirkan hal apa­pun selain perlombaan tadi, terma­suk keunggulan tim Thailand atau Myanmar. Kami hanya berjuang untuk dapat meraih hasil maksimal,” kata kapten tim putri perahu naga Indo­nesia, Astri Dwijayanti, mengutip An­tara, Sabtu (6/6/2015).

Astri mengatakan atlet-atlet putri perahu naga telah berlatih bersama sejak masuk pelatnas pada Mei 2014 sehingga mempunyai ikatan kuat un­tuk bekerjasama dalam tim.

“Kami termotivasi untuk memberi­kan usaha terbaik setelah pada nomor enam orang 200 meter kami sempat kalah awalan lomba,” imbuhnya.

Sebelumnya pada nomor perlom­baan perahu naga putri enam orang 200 meter, tim Indonesia hanya men­empati posisi buncit atau peringkat lima dengan catatan waktu satu menit 21 detik.

Perahu tim putri Indonesia tam­pak oleng setelah lepas dari garis start sehingga mereka tertinggal dari empat tim lain Asia Tenggara.

Pelatih tim putri, Kuat, men­gatakan pemantapan aspek mental menjadi kunci bagi kemenangan para atlet yang berlomba secara tim.

“Kunci dalam perlombaan perahu naga adalah kerja sama, satu rasa, satu gerakan, satu tekad, satu tujuan. Lupakan hal-hal non-teknis yang telah terjadi karena akan menjadi beban dalam perlombaan berikutnya,” jelas Kuat.

Tim perahu naga menyumbang dua medali emas bagi kontingen Indo­nesia dalam pesta olahraga Asia Teng­gara itu.

Selain tim putri, tim perahu naga juga menyumbang medali emas pada nomor pertandingan putra 12 orang 200 meter.

(Imam/net)