6d1cd201-d584-433b-97bd-3a2512a75fdf_169LONDON TODAY – Sebuah pe­sawat jet jenis Hawker Hunter Fighter jatuh di tengah jalan A27 dekat dengan Bandara Shoreham, Inggris. Jet yang sedang mengikuti gelaran Shoreham Airshow itu jatuh saat melakukan manuver dan langsung menimpa beberapa mobil yang sedang melintas, 7 orang dilaporkan meninggal.

Seperti dilansir Reuters, Minggu (23/8/2015), ke­celakaan itu terjadi pada Sabtu (22/8) sekitar pukul 13.20 wak­tu setempat. Jet yang hanya memiliki satu kursi itu tiba-tiba terjatuh saat tengah melaku­kan manuver.

Jet Hawker yang dilapor­kan sudah berusia tua itu me­nimpa beberapa mobil yang tengah melintas di jalanan dekat Bandara Shoreham. Pi­hak kepolisian menyebut, 7 orang meninggal dan 14 lain­nya luka-luka. 4 orang korban langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. “Pesawat itu berputar dan ketika ia keluar dari putaran, saya berpikir, itu terlalu rendah, terlalu rendah, tarik keluar,” ujar Stephen Jones, seorang saksi mata ke­pada BBC.

“Pesawat itu kemudian langsung menyusur tanah dan sangat dekat dengan jalan A27, jalan yang melalui bandara,” lanjutnya.

Namun, pilot pesawat na­has itu berhasil diselamatkan. Pilot berhasil ditarik sesaat setelah pesawat terjatuh dan kemudian langsung mendapat­kan perawatan. Atas kejadian ini, pihak panitia Shoreham Airshow langsung menghenti­kan acara. Padahal, sedianya Shoreham Airshow akan ber­langsung hingga hari Minggu.

Untuk diketahui, pesawat jet Hawker Hunter merupakan pesawat jenis single seater. Pe­sawat ini dikembangkan di Ing­gris sejak tahun 1950.

(Yuska Apitya/net)

============================================================
============================================================
============================================================