Oleh: UST. SYAHIDIN, S.HI
Disampaikan di Masjid Jami’ As-Syujaiyyah Daarul Uluum, Bantarkemang, Bogor
Sidang Jum’at yang berbahagia, marilah kita senantiasa bertakwa kepada Allah dan taat kepada-Nya. Semua perintah-Nya kita wajib menaatinya dengan sepenuh hati. Begitu pula semua larangan-Nya kita wajib menjauhinya. Apabila yang demikian ini kita dapat melaksanakan, ada harapan kita termasuk orang-orang yang bertakwa. Sungguh beruntung orang-orang yang senantiasa bertakwa, karena semulia-mulianya orang di sisi Allah adalah mereka yang bertakwa.
Sidang jum’at yang berbahagia.
Bagi seorang muslim wajib taat kepada pemerintah (ulul ‘amri) terhadap sesuatu yang diÂperintahkannya bagi dirinya baik hal itu menyenangkan darinya atau tidak menyenangkan, selaÂma perintah itu bukan berwujud kemaksiatan. Apabila diperintahÂkan untuk melakukan kemaksiÂatan, maka tidak boleh taat, kareÂna hal itu akan mengakibatkan durhaka kepada Allah dan Rasul- Nya. Padahal Allah dan Rasul-Nya harus lebih ditaati sebagai mana firman Allah yang artinya :
“Hai orang-orang yang beriman,taatilah Allah dan taatilah Rasul-Nya,dan orang-orang yang memegang kekuasaan diantara kamu.(An-Nisa :59)â€
Rasulullah SAW bersabda yang artinya :
“Tunduk dan patuh wajib atas seorang muslim dalam perkara yang disenangi atau dibenci,selama tidak diperintahkan dengan keÂmaksiatan. Apabila diperintahkan dengan kemaksiatan maka tidak diperkenankan untuk tunduk dan patuh.( HR Bukhari)â€
Ulul ‘amri (pemerintah) ialah orang-orang yang memegang kekuasaan untuk melaksanakan urusan dan kemaslahatan umum, misalnya presiden, gubernur, bupati, hakim, dsb. Kita wajib menaati mereka meskipun perinÂtah yang dikeluarkan tidak menyÂenangkan kita, misalnya perintah untuk maju ke medan perang jika negara dalam keadaan daruÂrat, membayar pajak dsb, selama perintah itu untuk kepentingan umum tidak diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Apabila seorang muslim diperintahkan untuk melakukan kemaksiatan misalnya disuruh untuk berbuat kezaliman, melakukan perbuatan yang haram seperti membuka tempat pelacuran, perjudian dsb, maka tidak boleh tunduk dan patuh terhadap pemerintah itu, bahkan harus menentang dan member nasihat agar ulul ‘amri itu sadar kembali.
Taatlah kepada ulul ‘amri (pemerintah) selama pemerintah itu taat kepada Allah dan Rasul- Nya. Apabila mereka melakukan kemaksiatan berilah nasehat denÂgan bijaksana dan jangan sampai kita membiarkan mereka melakuÂkan kemaksiatan dan kezaliman apabila kita cenderung kepada mereka. Hal ini telah ditegaskan oleh Allah dalam firmannya yang artinya :
“dan janganlah kamu cendÂerung kepada orang-orang yang zalim,yang menyebabkan kamu disentuh api neraka,dan sekali-kaÂli kamu tiada mempunyai seorang penolong pun selain dari Allah, kemudian kamu tidak akan diberi pertolongan.(Hud:113)
Kaum muslimin yang berbaÂhagia. Bila mana seorang telah diangkat sebagai pemimpin, beÂrarti ia mengemban tanggung jawab terhadap anggota keluarÂganya. Seorang pemimpin peÂrusahaan bertanggung jawab terhadap semua karyawan peruÂsahaan. Pemimpin negara berÂtanggung jawab terhadap semua rakyatnya. Demikian seterusnya hingga tercipta suasana bahagia, aman dan sejahtera yang dapat dirasakan oleh setiap anggota yang dipimpinnya. Khususnya pemimpin negara, dia bertangÂgungjawab mewujudkan suasana bahagia yang benar-benar dapat dirasakan oleh setiap warga negÂaranya. Itulah tujuannya menÂgapa sampai dianggap seorang pemimpin. Akan tetapi dapatkah seorang pemimpin melaksanakan tugas itu tanpa mendapat dukungan rakyatnya?
Untuk mendukung usaha yang menjadi beban pemimpin itu harus ada partisipasi masyaraÂkat. Mereka diharuskan taat keÂpada pemimpin. Segala perintah pemimpin harus ditaati dan diÂlaksanakan, se lama tidak bertenÂtangan dengan syar’iat iIslam. KeÂwajiban itu tidak boleh dilanggar sebagaimana sabda Rasulullah saw. Yang diriwayatkan oleh Bukhari bersumber dari Anas RA:
“Dengarlah dan taatlah sekalipun yang diangkat atas kalian seorang buÂdak habasyah yang kepadanya bagaiÂkan kismis.(HR Bukhari)â€
Ditegaskan pula dalam hadits lain, beliau bersabda yang artinya:
“Barang siapa taat kepadaku, berarti ia taat kepada Allah.barang siapa mendurhakaiku berarti ia mendurhakai Allah dan barang siaÂpa taat kepada pemimpin berarti ia taat kepadaku dan barang siapa mendurhakai pemimpin berarti ia mendurhakaiku.(HR Bukhari dan Muslim).â€
Begitulah ketentuan yang diÂanjurkan Allah SWT. Agar seluruh kepatuhan mereka akan memÂperlancar usaha para pemimpin menjalankan tugasnya untuk terciptanya suasana bahagia dan sejahtera ,merata kepada seluruh masyarakat.
Kaum muslimin yang berbahagia,
Islam menghendaki ketentraÂman dan ketertiban hidup ini,baik individu maupun bermasyarakat. Untuk mencapai tuntutan seperti itulah diperlukan pemimpin, seÂbagai pengatur ketetapan-ketetaÂpan masyarakat. Oleh karenanya pemimpin ini memiliki tanggung jawab yang berat. Sebab tentramÂnya tatanan suatu masyarakat banyak dipengaruhi oleh karaÂkter pemimpinnya. Pemimpin yang berlaku zalim, curang, suka menipu rakyatnya, berarti seÂcara tidak langsung ia telah berÂbuat kekacauan dan kerusakan di bumi ini. Perbuatan semaÂcam ini di akhirat kelak ia akan mendapatkan siksaan yang peÂdih dari Allah sebagaimana yang telah difirmankan-Nya dalam suÂrat Asy-Syura yang artinya:
“Tidak ada jalan melainkan atas orang-orang yang menzaÂlimi manusia dan membuat keruÂsakan di bumi dengak tidak benar. Adalah bagi mereka azab yang peÂdih.(Asy-Syura :42)â€
Firman Allah yang lain :
Artinya: “Dan janganlah sekaÂli-kali kamu (Muhammad) menÂgira bahwa Allah lalai dari apa yang diperbuat oleh orang-orang yang zalim. Sesungguhnya Allah member tanggung jawab kepada mereka sampai hari yang pada waktu itu mata (mereka ) terbelalÂak. (Ibrahim :42)â€
Demikian juga Rasulullah saw. Mengatakan kepada peÂmimpin yang curang da berbuat zalim kepada rakyatnya besok di hari kiamat akan mendapat sikÂsaan yang pedih,seperti:
Artinya : “Manusia yang palÂing berat siksaannya di hari kiamat nanti adalah (siksaan) bagi peÂmimpin yang zalim.(HR Thabrani)â€
Dari beberapa ayat dan hadits di atas dengan tegas menunjukÂkan bahwa pemimpin atau penÂguasa yang menipu rakyatnya itu berarti menzalimi rakyat, maka pemimpin seperti itu kelak di akhirat nnati akan memperoleh siksaan yang pedih sebagai balaÂsan perbuatannya. Tetapi apaÂbila penguasa itu bisa menjaga perbuatannya, memegang kedisÂiplinan dan keadilan sehingga terÂcipta kondisi yang menjadi damÂbaan seluruh rakyatnya, maka Allah pun akan memberikan kegembiraan dan kasih sayang kepadanya, seperti sabda RasuÂlullah SAW berikut yang artinya:
“Para pemimpin yang adil akan tinggal diatas panggung-panggung yang terbuat dari cahaya,ialah orang-orang yang berlaku adil dalam memutuskan perkara dan mengurus ahli-ahlinÂya serta segala sesuatu yang disÂerahkan kepadanya.(HR Muslim)â€
Disamping itu juga bilamana penguasa dapat berlaku adil terhadap rakyatnya sehingga merasa mendapat naungan dari kepemimpinannya , maka iapun di akhirat kelak akan mendapat naungan dari Allah swt. SebÂagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya:
“Penguasa yang adil itu,Allah akan menaungi kepadanya pada suatu hari yang tiada lagi naungan kecuali hanya naungannya†(HR Muslim) (*)