121800_620Inovasi tiada henti dilakukan para ilmuwan Institut Pertanian Bogor (IPB). Kali ini, mereka menyasar industri properti, dengan mengem­bangan kayu yang tahan rayap. Cara memadatkan kayu terse­but. Seperti apa produksinya?

(Yuska Apitya Aji)

TEKNIK ini merupakan salah satu cara untuk men­ingkatkan kualitas kayu yang dilakukan dengan cara meningkatkan kepadatan kayu baik melalui proses impregnasi, pengempaan, atau kompregnasi.

Baca Juga :  Pria Ini Dibayar Ribuan Dolar Dalam Sepekan Hanya Untuk Menggoda Wanita

Guru Besar Fakultas Ke­hutanan IPB, Prof Dr Dodi Nandika mengatakan, im­pregnasi dilakukan den­gan cara memasukkan senyawa kimia tertentu ke dalam kayu yang ber­fungsi untuk menutup pori-pori kayu sehingga kayu menjadi lebih pa­dat.

Sementara itu pengempaan kayu merupakan proses memberikan tekanan kepada kayu sehingga gabungan dari proses impregnasi senyawa kimia tertentu ke dalam kayu dan proses pengempaan kayu pada suhu dan tekanan tertentu,” ujar Dodi dalam pers konference di Kampus IPB Dramaga, Senin(21/9/2015).

Baca Juga :  Pasang Kacamata VR Kepada Sapi, Peternak Ini Hasilkan Dua Kali Lipat Susu Dari Sapinya

Dodi Nandika menjelaskan, pihaknya telah melakukan proses kopregnasi kayu sengon, jabon, dan manii dengan menggunakan larutan khitosan untuk menghasilkan kayu terpadatkan berkualitas tinggi yang tahan rayap.