BOGOR TODAY – Untuk men­genalkan Tentara Nasional In­donesia (TNI) kepada generasi muda, Yonif 315/Garuda mem­buka wisata militer murid Seko­lah Dasar (SD). Dalam wisata ini, selain ada pengenalan senjata dilakukan juga pemberian ma­teri wawasan kebangsaan dan Pancasila. Wisata militer per­tama kali diikuti puluhan mu­rid dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi ( Jabode­tabek), kemarin.

Anak-anak SD tersebut di­berikan pembelajaran matema­tika militer oleh pembimbing dari anggota Yonif 315/Garuda. Selain itu ada pengenalan sarana dan prasarana yang ada di yonif 315/Garuda. Rencananya wisata militer akan dibuka hingga 3 bulan kedepan untuk semua tingkat pendidikan.

BACA JUGA :  Tenggelam di Kolam Koi, Pelajar SMP di Lebak Tewas

Komandan Yonif 315/Garuda, Mayor Inf Irwan Budiana me­nuturkan, pihaknya membuka wisata militer, salah satunya adalah untuk mengenal batalyon 315/Garuda. “Makanya saat uca­pan selamat datang, profil kami dikenalkan. Setelah itu dilakukan pengenalan pangkalan dan sara­na-sarana latihannya,” kata dia.

Irwan menambahkan, mer­eka juga dikenalkan matematika militer, selain itu dikenakan se­dikit tentang senjata. Ada juga mengenai elemen pertahanan di Indonesia ke generasi muda. “Ini kali pertama, ada sekolah lain kedepannya. Jadwalnya su­dah padat selama 3 bulan. Dari awal harus menumnbuhkan rasa cinta dan menarik minat untuk menjadi tentara,” tuturnya.

Pengenalan senjata sendiri, Irwan mengenalkan senjata laras panjang dan pistol produk­si Pindad, dengan jenis laras panjang SS1. Ini juga ditekankan kepada generasi muda, mer­eka harus mengetahui produk negara sendiri. “Kami terbuka untuk pelajar dan Klinik Pendi­dikan MIPA (KPM) Seiklahnya menfasilitasi sekolah yang akan melakukan wisata militer,” be­bernya.

BACA JUGA :  Diduga Bunuh Diri Tusuk Perut di Kamar Mandi, Mahasiswa di Pamekasan Ditemukan Tewas

Ia berharap, generasi muda ini mau mengenali tentang TNI di Indonesia, agar merubah persepsi generasi muda untuk melakukan tawuran. “Diberi­kan wawasan kebangsaan sesuai dengan usia mereka. Mereka diharapkan juga bisa menyukai TNI dan lebih bagus lagi mereka bercita-cita jadi TNI,” katanya.

(Guntur Eko Wicaksono)

============================================================
============================================================
============================================================