2JAKARTA, Today – Ekonomi yang melambat dan memukul kinerja ekspor impor ternyata tidak membuat pembiayaan Lembaga Pembiayaan Ekspor Impor (LPEI) atau Eximbank terjerembab.

Terbukti, hingga Septem­ber pembiayaan Eximbank telah mencapai 97% dari tar­get. Bahkan, nilai pertumbu­han pembiayaan Eximbank mencapai 50% secara year on year (yoy).

Direktur Pelaksana III Ex­imbank, Basuki Setyajid me­rinci hingga September pem­biayaan yang telah disalurkan Eximbank telah mencapai Rp 73,8 triliun. Jika dibanding­kan secara yoy ada kenaikan hampir 50% dari posisi Sep­tember Rp 50,3 triliun. Se­mentara dari target setahun sebesar Rp 75 triliun hampir tercapai sekitar 97%.

Baca Juga :  Kemalingan, Rp769 Juta Uang Dinas Melayang

Hal ini berbanding terba­lik dalam kondisi ekspor dan impor pada September yang turun menurut Badan Pusat Statistik (BPS). BPS mencatat pada September impor turun 25% sementara ekspor turun 17%. Pada September impor mencapai US$ 11,5 miliar dan ekspor sebesar US$ 12,5 mil­iar. Namun rupanya, pada saat Dollar terus menguat ek­sportir justru menggenjot ek­spor. Sehingga secara umum, kondisi bisnis dari kalangan eksportir pun dalam keadaan yang baik.

Tidak hanya menggeber pembiayaan kelas ekspor dan impor. Eximbank juga turut memperbesar porsi pembi­ayaan usaha kecil menengah mikro (UMKM). Hal ini meny­usul keinginan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang meng­inginkan pembiayaan sektor UMKM di Eximbank sebesar 5%.

Baca Juga :  Lima Pelaku Bullying di Bogor Diamankan, Satu Diantaranya Berusia 12 Tahun 

“Sebenarnya porsi kami justru telah mencapai 8%. Tapi nanti kami akan perbe­sar lagi karena potensinya besar menggarap UMKM. Nanti kami kerjasama dengan lembaga keuangan,” tandas Basuki.

Dari segmen nasabah pem­biayaan Eximbank mayoritas masih mengalir ke perusa­haan besar yakni mencapai 92%. Sementara sekitar 8% sisanya disalurkan ke segmen usaha kecil dan menengah. Kemudian sekitar 55% pem­biayaan mereka merupakan pembiayaan modal kerja. Se­dangkan 45% lainnya adalah jenis pembiayaan skema investasi.

(Adil | net)