Untitled-5YAYASAN Dharma Setia Kosgoro, dalam hal ini SMK Kosgoro, menggelar acara Talk­show dan Workshop Multikamera dengan tema “Lentera Insiprasi”. Tujuan dari aca­ra ini agar pelajar Kota Bogor memiliki jurusan Broadcast yang lebih professional dan siap menghadapi dunia penyiaran.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Guru Produktif SMK Kosgoro, Gunanto Bimo menjelaskan kegiatan ini merupakan pilot project. Ia berpikir cara-cara yang konfensional saja tidak berguna dalam meneruskan pendidikan, oleh karena itu diperlukan terobosan yang berkontribusi baik di dunia pekerjaan dan diri mereka masing-masing.

Menurut Gunanto, kegiatan talk­show ini memang belum sempurna, namun untuk ukuran siswa siswi SMK acara ini sudah bagus, malah sang guru langsung memberikan nilai tujuh atas buah kreatifitas anak didiknya.

“Saya kasih nilai tujuh untuk mer­eka, memang belum sempurna karena baru pertama kali dan butuh lebih dari sepuluh kali agar bisa sempurna. Karena jam terbangnya sudah banyak, kalau ini kan pertama kali mereka buat acara talkshow sendiri,” tutur dia.

Baca Juga :  Uji Kemampuang Santri, MDT Al Haya Gelar Imtihanussanah

Kendati demikian, ia berharap anak didiknya sudah mendapat pe­kerjaan sebelum lulus sekolah, artinya siswa siswinya dinilai sudah berhasil membuat demo sebagai portfolio mer­eka ke dunia pekerjaan.

“Dengan acara ini dan juga sebagai juga ujian praktek mereka. Dituntut agar siap untuk terjun di dunia broad­casting, kami sebagai penuntun dan penyedia alat-alat broadcast siap men­dukung penuh acara seperti ini,” ujar Hilda, Guru Pembimbing Ekskul TV.

Ia mengatakan apa yang dibuat saat ini masih belum sempurna, wajar saja karena ini pertama kali dilakukan. Dan sejujurnya, di Bogor sendiri pro­gram ini baru ada di Kosgoro.

“Sekolah lain belum ada, apalagi kita menggunakan peralatan yang tak nanggung-nanggung, semua meng­gunakan kualitas bagus, dan lengkap semua,” tuturnya.

Baca Juga :  Guru Honor di Bogor Terima Kenaikan Insentif  

Hadirkan Atlet Kelas Dunia

Selain itu, pagelaran tersebut juga menghadirkan beberapa tokoh inspi­ratif seperti, Atlet Beladiri Pencak Silat tingkat dunia, Yulinartikasari, dan Om Cha-Cha seorang fotografer alam liar.

Komunitas reptile Bogor, serta acara hiburan stand up comedy dari Bogor juga ikut meramaikan acara talkshow tersebut.

“Acara yang cukup positif untuk anak sekolah tingkat kejuruan, kalau bisa acara ini diadakan setiap bulan­nya, agar mengasah bakat anak khu­susnya dibidang broadcasting,” ujar salah satu pengisi acara talkshow, Yuli­nartikasari, Juara Beladiri Pencak Silat Dunia, Kategori Wanita pada 2012 di Thailand dan 2013 di Belgia.

Acara ini pun diharapkan bisa bisa membuahkan hasil yang memuaskan. “Walaupun acaranya mepet ia ber­harap acara ini dapat nilai yang baik dari semua pihak, terutama guru-guru pembimbing kami,” imbuh Nazwa, Ketua pelaksana.