Untitled-7Benarkah kopi bisa digunakan untuk menurunkan berat badan? Selama ini terdapat kepercayaan bahwa mengonsumsi kopi mampu menekan nafsu makan dan membuat seseorang lebih mudah menurunkan berat badan.

Peneliti telah melakukan penelitian terkait hal ini dan mereka menemukan adanya sisi positif dan negatif berkaitan dengan penggunaan kopi untuk menurunk­an berat badan

Siapapun yang sedang men­jalankan diet pasti tak ingin be­rakhir dengan efek yoyo. Ini adalah sebuah kondisi di mana terjadi penurunan berat badan secara drastis selepas diet, namun diikuti dengan kenaikan bobot yang tak kalah drastis.

Peneliti mengungkap beberapa sisi positif dan negatif dari minum kopi terhadap berat badan dan ke­sehatan tubuh. Jika Anda berniat untuk menggunakan kopi sebagai salah satu cara diet, penelitian ter­baru di Hannover Medical School, Jerman menemukan cara mudah untuk mencegah terjadinya hal ini. Solusinya adalah minum 2-3 cang­kir kopi dalam sehari.

BACA JUGA :  Diare Disebabkan Karena Konsumsi Makanan Bersantan, Benarkah? Simak Ini

Dari mana kesimpulan itu be­rasal, rupanya fakta ini didapat peneliti setelah mengamati pola makan 494 pria dan wanita yang ambil bagian dalam sebuah studi tentang penurunan berat badan

Dari hasil penelitian itu ditemu­kan, mereka yang dietnya sukses atau mampu mempertahankan berat badan idealnya dalam waktu lama adalah mereka yang memi­num lebih banyak kopi. Hanya saja, dari hasil penelitian yang sama ter­ungkap, efek ini baru akan terlihat jika seseorang meminum 2-3 cang­kir kopi saja dalam sehari, tidak lebih.

Menurut peneliti, ini karena kafein tergolong sebagai minuman stimulan yang dapat mendorong penggunaan energi dalam jumlah yang cukup besar, yakni mencapai lima persen. Tingginya kandungan kafein dalam kopi juga membantu tubuh untuk mencegah terjadinya penambahan berat badan secara bertahap yang tak jarang ditemu­kan pada pelaku diet.

BACA JUGA :  Ada Efek Jika Minum Kopi Setelah Makan Daging? Simak Ini

“Jadinya, mereka yang men­gonsumsi kafein mempunyai in­deks masa tubuh yang lebih ren­dah ketimbang yang hanya minum sedikit atau tidak minum sama sekali,” kesimpulan beberapa uni­versitas luar yang sudah melakukan penelitian.

Meski begitu peneliti mengin­gatkan, idealnya, konsumsi kopi juga harus dibarengi dengan rutini­tas berolahraga agar lemak yang menumpuk dan tidak bisa luruh karena diet begitu saja juga bisa di­hilangkan.

Mengapa Kopi Berhubungan dengan Berat Badan

  1. Kafein mempercepat metabo­lisme lemak

Kafein meningkatkan metabo­lisme yang bisa membantu menin­gkatkan proses pembakaran lemak. Meski begitu, peningkatan yang disebabkan kopi ini bersifat semen­tara dan tidak bertahan lama, jadi kemungkinan kalori yang dibakar pun tak terlalu banyak dibanding­kan dengan mengonsumsi minu­man lain.

============================================================
============================================================
============================================================