ikan-raksasaIkan raksasa sepanjang 2 meter dengan lingkar badan 50 sentimeter ditemukan terdampar di Sungai Ciliwung, Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Minggu (29/11/2015) dalam keadaan mati.

Oleh : RIZKY DEWANTARA
[email protected]

Sontak, ikan yang ditemukan warga dibawah Jembatan Tol Bo­gor Outer Ring Road (BORR) ini menarik perhatian warga yang melintasi Jalan Sholeh Iskandar.

Menurut warga sekitar, David (33), ikan ditemukan pukul 07.00 WIB saat ia hendak memancing di bibir sungai dan melihat ikan seukuran orang dewasa ter­sangkut batu ditengah sungai.

“Saya tidak berani mendekat. Cuma bilang saja ke warga lainnya. Takutnya, ikan itu masih hidup,” kata David.

Bersama warga yang juga penasaran, David cukup lama memperhatikan ikan tersebut dan baru mendekat setelah me­mastikan ikan sudah mati.

“Panjangnya hampir dua meter, den­gan diameter 50 sentimeter dan bobotnya sekitar 100 kilogram. Butuh empat orang untuk membawanya ke tepi sungai,” pa­parnya.

David sendiri tidak bisa memastikan jenis ikan tersebut. Ia menduga, ikan tersebut dari penangkaran di kolam ta­man wisata di Tajur dan terbawa arus karena Ciliwung meluap.

“Beberapa hari ini Ciliwung memang meluap. Mungkin dia terbawa arus dari kolam wisata di Tajur Tas,” tambahnya.

Peristiwa langka tersebut membuat jalanan di Soleh Iskandar macet. Ban­yaknya para pengendara motor yang sen­gaja berhenti untuk melihat ikan raksasa tersebut hingga membuat kemacetan pan­jang, warga pun akhirnya menghanyutkan ikan tersebut kembali ke sungai Ciliwung.

(Yuska)