Kepala-BNPB-Willem-Rampangilei-didampingi-Kapolri-Jenderal-Badrodin-Haiti-menyampaikan-keterangan-pers-hasil-rapat-terbatas,-di-kantor-Kepresidenan,-JakartaBOGOR, TODAY—Kepala Kepolisian Re­publik Indonesia (Kapolri), Jenderal Badrodin Haiti, melarang seluruh organ­isasi masyarakat (Ormas) untuk tidak menggelar aksi sweeping menjelang atau saat Ramadan. Badrodin men­gatakan akan menindak tegas organisasi masyarakat yang melakukan sweeping. “Tidak ada sweeping oleh organisasi masyarakat. Kalau ada sweeping, akan kami tindak,” kata Badrodin, di kan­tornya, Rabu(18/5/2016).

Badrodin secara tegas men­gatakan ormas-ormas tidak pun­ya kewenangan sama sekali untuk melakukan pemeriksaan (sweep­ing) seperti itu. “Kalau dilaku­kan, saya akan tindak,” ujarnya.

Terpisah, Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat yang turut meng­hadiri apel bertema ‘Dengan Soliditas dan Sinergitas TNI, Polri dan Pemprov DKI Siap Mengamankan Wilayah Ja­karta’ mengimbau pengusaha tempat hiburan malam di Jakar­ta menjelang hingga akhir bulan Ramadan untuk mengurangi jam operasionalnya. “Kami pun akan berikan sosialisasi terkait adanya pembatasan jam operasional. Ter­masuk masalah kerawanan krimi­nalitas, sahur on the road harus dibahas dan diantisipasi bersa­ma,” ucap Djarot. Menurutnya, masyarakat (Ormas) juga dilarang melakukan sweeping ter­hadap hiburan malam yang melanggar aturan. Dikatakan Djarot, sweeping tersebut hanya dilakukan oleh instansi terkait pemerintah, yakni Pemprov DKI dan aparat kepolisian.

BACA JUGA :  384 Piala Penghargaan Kota Bogor Dipajang di Galeri dan Perpustakaan

“Salah satunya ini. Tadi disampai­kan bahwa apel ini juga termasuk me­nyambut Bulan Suci Ramadhan. Bulan Suci itu merupakan suatu yang sangat idientik dengan stabilisasi harga pan­gan, kriminalitas. Selain itu, mau ada sahur on the road kek (SOTR) itu keg­iatan yang termasuk harus kita waspa­dai bersama,” katanya.

BACA JUGA :  PVMBG Laporkan Gunung Marapi Erupsi Malam Ini

Ia melanjutkan, “Lalu, sweeping-sweeping pada tempat hiburan malam selain Pemprov DKI dan polisi juga ti­dak boleh. Hal seperti ini yang perlu kita tekankan bersama-sama. Kemudian jelang dan hingga akhir Bulan Suci Ra­madhan, kami juga sama-sama mengan­tisipasi arus mudik lebaran,” lanjutnya.

============================================================
============================================================
============================================================