pedes2BOGOR, Today – Wakil Walikota Bogor Us­mar Hariman menghadiri Kegiatan Wisuda Siswa Kelas VI SD Kebon Pedes 1. Usmar didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor Fakhrudin dalam acara yang berlangsung di Gedung Brajamustika, Jalan dr. Semeru, Kelurahan Menteng, Ke­camatan Bogor Barat, Kota Bogor, Kamis (26/5/2016).

Dalam sambutannya Usmar mengung­kapkan momentum wisuda merupakan saat yang ditunggu-tunggu para orangtua. ”Menyaksikan buah hatinya menyelesaikan jenjang pendidikan dasar dengan berbekal ilmu, pengalaman dan prestasi bagi anak untuk menghadapi jenjang pendidikan berikutnya,” kata Usmar.

Tidak ketinggalan apresiasi yang besar disampaikan Usmar bagi para tenaga pen­didik dan komite sekolah. “Saya menggaris­bawahi komite karena dalam setiap jenjang pendidikan komite merupakan komponen yang posisinya cukup dilematis tapi mam­pu memberikan fungsi dalam memfasilitasi kesenjangan antar siswa, karena kemam­puan para orang tua tidak semuanya sama. Disinilah peran komite dirasa sangat terli­hat,” ungkapnya.

Untuk lebih meningkatkan mutu pendi­dikan, lanjut Usmar, Pemkot Bogor senan­tiasa berupaya dan mendorong melalui berbagai upaya dan usaha sesuai dengan amanah yang tercantum dalam undang-undang nasional.

BACA JUGA :  MAN 2 Bogor Tingkatkan Pengetahuan Guru dengan In House Training

“Untuk mewujudkan generasi Indone­sia yang cerdas, beriman dan berkarakter merupakan hal yang harus sama-sama kita lakukan dan seimbangkan. Sehingga nantinya akan lahir anak dan generasi yang berkualitas, berkarakter, dan beril­mu sehingga pada saatnya siap mengha­dapi persaingan di era globalisasi,” papar Usmar.

Untuk para siswa kelas enam, Usmar tidak lupa mengingatkan agar terus mem­pertahankan dan meningkatkan ilmu dan bekal serta prestasi yang sudah diraih. Hal ini dengan harapan pada saatnya mer­eka mampu menjadi generasi yang dapat memenuhi ekspektasi para orang tua, ter­lebih bangsa dan negara.

Adanya persoalan sosial berupa keja­hatan seksual yang dibarengi tindak ke­kerasan pada anak yang saat ini marak ter­jadi, Usmar juga mengingatkan para orang tua untuk lebih waspada dan terus menga­wasi para buah hatinya. “Namun syukur Alhamdulillah saat ini sudah ada regulasi dari pemerintah yang telah mensahkan hu­kuman terhadap para pelaku maupun para penjahat seksual bagi ibu dan wanita,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SD Kebon Pedes I Ida Sri Sudarti mengucap syukur atas keberhasilan sekitar 80 persen lulu­san SD Kebon Pedes 1 melanjutkan pendi­dikannya di SMP Negeri Kota Bogor. “Na­mun ada juga yang memilih untuk masuk pesantren,” kata Ida yang baru memasuki satu tahun masa jabatan.

BACA JUGA :  Peran 5 Mahasiswa IPB dalam Program PKM-PM, Mewujudkan Sustainable Lifestyle

SD Kebon Pedes 1, menurut Ida, SD yang sarat akan prestasi. “Belum lama saya mendampingi salah seorang siswa SD Ke­bon Pedes dalam lomba pantomim tingkat Provinsi Jawa Barat,” ujar Kepsek yang se­belumnya bertugas di SD Kebon Pedes 7 tersebut.

Diakhir seremoni pihak sekolah mem­berikan penghargaan bagi para siswa. Penghargaan dibagi dalam 7 kategori yaitu karakter siswa tersopan, terajin, paling bertanggungjawab, terapih, tersopan, terjujur, terkreatif dan teramah. Wakil Walikota Usmar Hariman didampingi Sek­disdik Fakhrudin secara langsung meme­brikan apresiasi bagi para siswa yang ter­pilih.

Usmar juga berkesempatan menyum­bangkan suaranya dengan menyanyikan lagu Mars Biopori dihadapan para orang tua dan 159 wisudawan wisudawati. Tak lupa Usmar juga berfoto bersama den­gan para siswa dan tenaga pendidik.

(Latifa Fitria)

Bagi Halaman
======================================
======================================
======================================