Rivalitas dengan Wenger pun tak bisa dianggap remeh. Persaingan keduanya telah terjalin saat Mou pertama kali datang ke Inggris. Pada sejum­lah kesempatan, keduanya kerap terlibat ketegangan, baik secara verbal maupun langsung di tepi lapangan.

Dari 13 pertemuannya dengan Wenger sejauh ini, Mourinho belum pernah satu kali pun menelan kekalahan. Ia sudah meraih tujuh kemenan­gan atas Arsenal arahan Wenger.

Sementara dengan Juergen Klopp (Liverpool), pada Liga Champions 2012/2013, Madrid arahan Mourinho empat kali berjumpa Borussia Dortmund yang kala itu dilatih Juergen Klopp. Dua pertemuan di fase grup dan dua pertemuan lain di semifinal, dengan Dortmund sukses melaju ke final.

Sejak itu, mereka baru satu kali berhadapan lagi, yakni saat Liverpool pimpinan Klopp menang 3-1 atas Chelsea yang ditangani Mourinho pada bulan Oktober lalu. Mourinho baru sekali menang atas Klopp.

BACA JUGA :  55 ASN Pemkot Bogor Dilantik, Dedie Rachim: Beri Pelayanan Terbaik untuk Masyarakat

Dengan Manajer Totten­ham Hotspurs, Mauricio Po­chettino, Mou mulai berha­dapan dengannya di La Liga. Mou menangani Real Madrid sementara Pochettino menan­gani Espanyol. Mulai musim depan, potensi kedatangan Mourinho ke MU niscaya mem­buat pertemuan kedua mana­jer itu jadi ekstra sengit.

Saat di La Liga, Mourinho membawa Madrid menang em­pat kali dan seri dua kali lawan Espanyol yang ditangani Pochet­tino. Satu-satunya kekalahan Mourinho atas Pochettino ter­jadi di Premier League Januari 2015 (3-5).

Dengan Manajer Leicester City, Claudio Ranieri, Mourinho adalah pengganti Ranieri di Chelsea pada 2004, meski ked­uanya baru berhadapan untuk kali pertama pada 2008/2009. Saat itu, Inter Milan yang ditan­gani Mourinho menang dan seri lawan Juventus-nya Ranieri.

Di akhir musim tersebut, Ranieri pindah ke AS Roma dan Inter Mourinho melewati dua pertemuan di Serie A saat itu dengan hasil seri. Tapi, Inter ketika itu berhasil menang atas Roma di Final Coppa Italia.

BACA JUGA :  Takengon Aceh Tengah Diguncang Gempa M4,9

Keduanya bertemu lagi di Liga Primer dengan Mourinho di Chelsea dan Ranieri menan­gani Leicester City. Di partai Pre­mier League bulan Desember, Leicester menang 2-1 atas Chel­sea dalam laga terakhir sebelum Mourinho diberhentikan.

Pendatang baru lainnya di Liga Primer Inggris musim de­pan sebagai Manajer Chelsea, Antonio Conte tentunya tak bisa dilepaskan dari perseteruan dengan Mourinho. Kedua sosok itu baru sekali bertemu, yakni di Serie A pada Desember 2009.

Saat itu Inter arahan Mourinho berimbang 1-1 dengan Atalanta besutan Conte. Bebera­pa pekan kemudian, Conte ber­pisah dengan Atalanta, mem­buat mereka belum pernah berhadapan lagi.

(*/Net)

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================