Jose-MourinhoJOSE Mourinho akhirnya resmi diperkenalkan sebagai manajer anyar Manchester United. Pria Portugal itu diganjar kontrak sel ama tiga musim dan digaji 10 juta poundsterling atau Rp 200 miliar per musim. Dengan kepastian yang didapat Jumat (27/5/2016) siang WIB, mematahkan segala spekulasi siapa yang akan mengisi kursi panas manajer MU yang kosong usai dipecatnya Louis van Gaal.

Dalam situs resmi Man­chester United, Deputi CEO Ed Woodward sangat senang den­gan kedatangan Mou. Tentunya, prestasi mentereng manajer ber­juluk The Special One selalu saja menggoda klub-klub top Eropa untuk mendapatkan polesannya. Selain menerima kontrak tiga musim, Mou maih memiliki opsi perpanjangan hingga 2020 men­datang.

“Mourinho merupakan salah satu pelatih terbaik di sepakbola saat ini. Dia telah memenangkan banyak trofi dan menginspirasi pemain di seluruh Eropa dan ten­tu saja dia mengenal Liga Primer Inggris dengan sangat baik, kare­na punya tiga trofi di sini,” ujar Woodward.

“Saya ingin mengambil kes­empatan ini untuk memberikan ucapan selamat datang di Man­chester United. Rekam jejak ke­suksesannya adalah ideal untuk membawa klub melangkah ke depan,” tukasnya.

Sementara Mourinho men­gaku sangat terhormat bisa menangani klub sebesar MU. Menurutnya, ada hal mistis dan romantis di The Red Devils yang tak bisa disamai dengan klub lain di seluruh dunia.

Baca Juga :  Sukses Selenggarakan Rekor Muri Juggling Bola Terbanyak, Plt Bupati Bogor Apresiasi Kinerja Dispora

“Merupakan kehormatan spesial bisa menjadi pelatih Man­chester United. Ini adalah klub yang dikenal dan dikagumi di se­luruh dunia. Ada hal mistis dan romantis di mana tak ada klub lain bisa menyamainya,” ujar Mourinho.

“Saya selalu merasa ada keter­tarikan dengan Old Trafford. Ada beberapa kenangan penting bagi saya dalam karier saya dan selalu menikmati hubungan degan fans Manchester United. Saya antusias untuk menikmati dukungan luar biasa mereka di tahun-tahun yang akan datang,” tandasnya.

Terlalu panjangnya spekulasi yang mengaitkan Mou dengan MU sebelum akhirnya menemui kata sepakat, diakibatkan adanya kontrak pribadi Mourinho den­gan merek mobil Jaguar. Semen­tara MU disponsori Chevrolet mi­lik General Motors.

Gaji yang mencapai Rp 200 miliar per musim yang didapat­nya di Carrington Park musim depan, dua kali lebih besar dari yang didapat Van Gaal. Media di Inggris juga memberitakan, pendapatan manajer 53 tahun itu bakal bertambah 5 juta dan 2,5 juta poundsterling yang ma­sing-masing merupakan bonus jika ia mampu merebut trofi Liga Champions dan Liga Primer.

Baca Juga :  Tumbuhkan Sektor Ekonomi Lewat Destinasi Wisata, PHRI Gelar Bike Tour 2022 Etape Ketiga di Bogor

Salah satu tugas pertama Mourinho di antaranya adalah memimpin skuad United dalam tur Asia ke Shanghai, China, 22 Juli 2016 mendatang. United di­jadwalkan bertanding melawan klub Jerman, Borussia Dortmund, dalam tur pramusim.

Ditunggu Banyak Rival

Datangnya Mourinho di­harapkan mambawa angin segar usai Manchester United selalu gagal meraih titel ber­gengsi dalam tiga musim tera­khir. Namun, usahanya tak bakal mudah. Pasalnya, saat ma­sih dalam masa emas bersama Chelsea beberapa musim lalu, praktis hanya Sir Alex Ferguson (Manchester United) dan Arsene Wenger (Arsenal) yang selalu bersaing sengit dengannya.

Musim depan, tentunya laga derby Manchester bakal sangat panas. Pasalnya, Manchester City ditangani Josep ‘Pep’ Guar­diola mulai musim depan. Tak bisa dipungkiri, rivalitas Mou- Guardiola sangat subur kala mereka menukangi Real Madrid dan Barcelona.

Sky Sports melansir, secara keseluruhan, Mourinho cuma pernah tiga kali menang dalam pertemuannya dengan Guardio­la. Salah satu kemenangan itu dicapai ketika Mourinho di Inter Milan, berupa kemenangan 3-1 atas Barcelona di leg I semifinal Liga Champions 2009/2010.