Untitled-1CARINGIN, Today—Ada kado is­timewa di hari ulang tahun Bogor ke 534. Yakni Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Pertanahan, Ferry Mursyidan Baldan meny­erahkan 2.275 sertfikat tanah ke­pada warga tiga desa di Kecamatan Caringin, yakni Desa Pancawati, Cimande, Bojong Murni, dan Desa Cibedug, Senin (30/5/2016).

Sertifikat yang diberikan lewat Prona, Proda, UKM dan Wakaf itu untuk memakmurkan petani,

memberikan kekuatan yuridis kepemi­likan tanah masyarakat dan mengen­dalikan pemanfaatan tata ruang agar sesuai dengan perundang-undangan.

Baca Juga :  Momen 10 Muharram, Tirta Pakuan Rayakan Lebaran Anak Yatim

Menteri Ferry menjelaskan, be­sarnya luas wilayah Bumi Tegar Beri­man membuat banyak lahan subur dan indah tapi kepemilikannya bukan atas nama warga Kabupaten Bogor. Sertifi­kat gratis itu merupakan upaya pemer­intah pusat, provinsi, dan kabupaten-kota untuk meningkatkan ketahanan pangan demi reforma agraria.

“Dengan sertifikat ini, kami ingin masyarakat bisa memanfaatkan lahan untuk pertanian seperti sayuran, ca­bai, bawang tomat, padi dan lainnya sehingga lahan ini tidak disalahgunak­an seperti villa liar dan lainnya, tentu­nya untuk mendorong ketahanan pan­gan Kabupaten Bogor,” papar Ferry.

Baca Juga :  Pengendara Vespa Tewas Tertabrak Bus Transjakarta Akibat Terobos Lampu Merah

Ferry pun berpesan kepada ri­buan masyarakat penerima sertfikat agar tak menjual-belikan lahan kepada pengembang dengan alasan apapun atau menggadaikan sertifikat itu ke bank, setidaknya hingga 10 tahun ke depan.